nusabali

Klungkung Terima Mobil Perlindungan

Sandang Kabupaten Layak Anak Tingkat I

  • www.nusabali.com-klungkung-terima-mobil-perlindungan

Pemkab Klungkung mendapat bantuan satu unit mobil perlindungan (molin) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

SEMARAPURA, NusaBali

Bantuan ini diberikan karena Klungkung telah menyandang predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat I (pratama) tahun 2018 dan 2019.  Bantuan tersebut ditujukan untuk menunjang kegiatan pemenuhan hak-hak anak dan perempuan di Kabupaten Klungkung. Setelah menerima bantuan tersebut dari pusat beberapa waktu lalu, molin diserahkan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kepada Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kungkung, Ida Bagus Anom Adnyana di Kantor Bupati Klungkung, Senin (23/12). Penyerahan disaksikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung I Dewa Putu Griawan dan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Klungkung I Gusti Ngurah Agung.

Bupati Suwirta usai penyerahan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI atas bantuan ini. Menurut Bupati, kekerasan maupun gangguan terhadap perempuan dan anak bisa terjadi dimana saja. Maka dari itu, dengan mobil ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam melakukan penanggulangan dan penanganan serta langkah-langkah kuratif, terhadap tindak kekerasan dan gangguan terhadap perempuan dan anak di wilayah Kabupaten Klungkung. “Rawat, pelihara, dan manfaatkan dengan baik,” ujar Bupati Suwirta kepada Kadis Sosial Klungkung.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kungkung Ida Bagus Anom  menyampaikan bantuan ini diawali dengan pengajuan proposal ke Kementerian. Dimana salah satu syaratnya adalah sudah menyandang predikat sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak. Mobil ini dilengkapi berbagi fasilitas, seperti sebuah tempat tidur emergency, 1 Lampu Rotari, 2 buah senter, 1 buah laptop, 1 buah proyektor, 1 buah alat pemadam api ringan, perlengkapan P3K, 1 kabel rol (15 m) dan 1 Layar proyektor, serta 1 buah genzet. “Kami berharap dengan molin ini dapat membantu dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat di wilayah Klungkung,” ujarnya. *wan

Komentar