nusabali

Golkar Mengarah ke Adik Bupati Bangli

Demer Targetkan Kader Jadi Pemimpin Wilayah di Pilkada 2020

  • www.nusabali.com-golkar-mengarah-ke-adik-bupati-bangli

Adik Bupati Bangli I Made Gianyar, yakni I Made Subrata merupakan satu-satunya kader Golkar dari empat kandidat yang telah mendaftar di Golkar Bangli.

BANGLI, NusaBali

Plt Ketua DPD I Golkar Bali, I Gede Sumarjaya Linggih alias Demer, berbicara soal prioritas kader untuk diusung di Pilkada serentak 2020 nanti. Golkar menargetkan untuk menempatkan kadernya sebagai pemimpin wilayah. Pernyataan Demer ini seperti mengisyaratkan arah rekomendasi untuk Pilkada Bangli 2020 akan jatuh ke tangan Adik Bupati Bangli I Made Gianyar, yakni I Made Subrata. Seperti diketahui, Made Subrata merupakan satu-satunya kader Golkar dari empat kandidat yang telah mendaftar di Golkar Bangli. Mereka, yakni Ngakan Kutha Parwata (kader PDIP), Ida Bagus Gede Giri Putra (non kader, Sekda Bangli) dan Sang Nyoman Putra Erawan (non kader, mantan Perbekel Awal, Kintamani, Bangli)

“Target bisa menempatkan kader sebagai pimpinan wilayah. Memang Bangli cukup menjadi perhatian,” ujar Demer yang anggota Fraksi Golkar DPR RI dari Dapil Bali ini di sela-sela perayaan HUT Partai Golkar ke-55 di Sekretariat DPD II Golkar Bangli, Senin (23/12).

Di sisi lain, Demer mengatakan bahwa yang menjadi prioritas adalah kader, namun demikian bila nantinya hasil survei menunjukkan elektabilitas (tingkat keterpilihan) kader di bawah, maka non kader yang akan diusung. Kemudian saat disinggung soal rekomendasi mengarah pada Made Subrata yang notabene satu-satunya kader Golkar yang mendaftar, Demer mengatakan ketika elektabilitas tinggi pasti langsung pada Made Subrata, tetapi bila rendah dia tidak ingin memaksakan.

“Kalau hasilnya di bawah tentu jangan dipaksakan,” imbuhnya. Untuk Pilkada serentak 2020 yang di Bali diikuti 6 kabupaten/kota, yakni Karangasem, Tabanan, Badung, Jembrana, Bangli dan Kota Denpasar, Demer menilai Pilkada Bangli sangat menggeliat. Diapun mengaku mendapat surprise (kejutan) di Bangli, pasalnya sudah ada 4 kandidat yang menjadi 2 pasang calon bupati dan wakil bupati (Cabup-Cawabup) telah mendaftar di Partai Golkar.

“Surprise dalam hal ini dari pendaftaran yang dibuka sudah dua paket daftar. Kemudian tokoh yang mendaftar adalah benar-benar tokoh yang memiliki massa. Kadang orang favorit belum tentu memiliki elektabilitas atau massa,” ungkapnya. Lebih lanjut dikatakannya, sekarang ini pihaknya bersiap melakukan survei untuk mencari figur yang terbaik.

“Prinsip Partai Golkar, yakni suara Golkar suara rakyat. Untuk itu kami harus mendengarkan suara rakyat, karena nantinya yang akan memilih adalah masyarakat,” ujarnya.

Sementara perayaan HUT Golkar ke-55 digelar di sekretariat DPD II Partai Golkar Bangli di Jalan Merdeka, Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, Senin (23/12) pagi berlangsung meriah. Perayaan HUT ini juga diramaikan dengan kehadiran para kandidat Cabup-Cawabup, yakni I Made Subrata dengan calon tandemnya Ngakan Kutha Parwata, hadir pula Sang Nyoman Putra Erawan. Hanya saja calon tandemnya Ida Bagus Giri Putra yang juga Sekda Bangli tidak hadir.

Plt Ketua DPD I Partai Golkar Bangli, I Gusti Made Winuntara mengatakan perayaan HUT Partai Golkar di Bangli dihadiri Bupati Bangli, I Made Gianyar dan jajaran Forkompida Bangli. Selain itu hadir pula pimpinan partai politik di Bangli serta para kandidat calon bupati dan calon wakil bupati yang telah mendaftar di Partai Golkar.

Menurut Gusti Winuntara, acara HUT diisi dengan kegiatan seminar yang materinya tentang Empat Pilar Kebangsaan, pendidikan politik di intern Partai Golkar. “Untuk materi empat pilar kebangsaan melibatkan Kodim 1626/Bangli dan Kesbangpol Bangli. Sedangkan untuk pendidikan politik yang bertujuan untuk menguatkan para kader kemudian lebih memahami AD/ART partai diberikan oleh Plt Ketua DPD I Golkar Bali, Gede Sumarjaya Linggih alias Demer,” ungkap Gusti Winuntara di sela-sela acara.

Disinggung proses penjaringan, Gusti Winuntara mengatakan untuk pendaftaran Cabup-Cawabup di Golkar dibuka hingga 25 Desember. Hingga saat ini sudah ada 4 kandidat yang mengambil formulir, kemudian sudah menyetorkan kembali berkas pendaftarannya. “Empat kandidat ini kebetulan menjadi 2 pasang calon bupati dan wakil bupati, yakni Made Subrata-Ngakan Kutha Parwata dan pasangan IB Giri Putra dan Sang Nyoman Putra Erawan. Sejauh ini belum ada lagi tokoh yang mengambil formulir, mudah-mudah setelah ini ada yang mendaftar lagi,” sebutnya.

Politisi asal Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli ini menambahkan HUT Partai Golkar ini juga sebagai momentum bangkitnya Golkar Bangli. “Partai Golkar siap menyongsong Pilkada 2020 mendatang. Siap mengikuti proses yang ada. Hal ini juga ditekankan bagi kader,” imbuhnya. *esa

loading...

Komentar