nusabali

Messi, Pemain 50 Gol Setahun

  • www.nusabali.com-messi-pemain-50-gol-setahun

Lionel Messi kembali menunjukkan kelebihannya.

BARCELONA, NusaBali

Dia ikut mencetak gol saat Barcelona mengalahkan Alaves. Striker Argentina itu melanjutkan ‘kebiasaan’, yang selalu mencetak 50 gol dalam setahun.

Ya, Messi mencetak satu gol, saat Barcelona menekuk Alaves 4-1 dalam lanjutan Liga Spanyol, di Camp Nou, Sabtu (21/12) tengah malam Wita. Messi mencetak gol lewat tendangan jarak jauh di menit ke-69, dengan tiga gol Barcelona lainnya dilesakkan Arturo Vidal, Antoine Griezmann, dan Luis Suarez.

Bagi Messi, golnya itu jadi yang ke-50 sepanjang 2019. Mengutip data Transfermarkt, Messi (32 tahun) mencetak 44 gol di level klub, serta 6 gol bersama timnas Argentina sejak Januari hingga Desember.

Dalam laporan Opta, Messi membuat 50 gol dalam setahun, untuk kesembilan kalinya dalam 10 tahun sejak 2010. Messi hanya sekali gagal melakukannya pada 2013, ketika ‘hanya’ mencetak 45 gol dalam setahun.

Dalam 9 tahun itu, Messi paling banyak membuat gol pada 2012, dengan 91 gol selama setahun. Ketika itu peraih enam Ballon d'Or tersebut memecahkan rekor gol terbanyak dalam setahun yang dimiliki striker legendaris Jerman, Gerd Muller.

Bagi Messi, 50 gol ini membuatnya tinggal berjarak satu gol dengan capaiannya tahun lalu. Pada musim 2019/2020, Messi mencetak 18 gol, yakni 13 gol di Liga Spanyol dan 5 di Liga Champions. Messi pun sementara jadi top skorer LaLiga, unggul satu gol dari torehan striker Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengakui, timnya punya keuntungan besar memiliki Lionel Messi. Magis La Pulga mampu mencetak gol dari situasi apapun.

Pengaruh besar Messi di Barcelona memang tak terbantahkan. Hal tersebut sangat diakui Valverde. Dia merasa Barcelona punya keuntungan besar memiliki Messi. Messi mampu mencetak dalam situasi apapun.

"Memilikinya (Messi) adalah keuntungan besar bagi kami. Leo bisa unjuk gigi di momen apapun dan mencetak gol dari mana saja," kata Valverde dikutip dari Marca. *

Komentar