nusabali

PHRI Bersihkan Sampah Plastik di Candidasa

  • www.nusabali.com-phri-bersihkan-sampah-plastik-di-candidasa

Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) menggelar aksi bersih-bersih sampah plastik kiriman di sepanjang Pantai Objek Wisata Candidasa, Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Jumat (20/12).

AMLAPURA, NusaBali

Bersih-bersih sampah plastik ini rutin digelar sebulan sekali. Hasilnya, PHRI berhasil kumpulkan 1,5 kampil sampah plastik. Ketua PHRI Karangasem, I Wayan Kariasa mengajak para pemilik restoran dan hotel terlibat dalam aksi bersihkan sampah plastik ini. Biasanya begitu turun hujan, air sungai mengalir ke laut disertai membawa sampah plastik. Di samping itu sampah plastik juga berasal dari laut dibawa gelombang dan terdampar di pantai. “Saya bersama anggota rutin menggelar bersih-bersih sampah plastik di sepanjang Pantai Candidasa, sebulan sekali. Makanya pantai terlihat bersih, terbebas dari sampah plastik,” katanya.

Dikatakan, pantai merupakan aset, mesti dijaga, terutama untuk penunjang industri pariwisata. Kebersihan di objek wisata itu juga merupakan bagian dari implementasi Sapta Pesona yang terdiri dari tujuh unsur dalam upaya menarik minat wisatawan berkunjung ke satu daerah. Penasihat PHRI Karangasem, I Wayan Tama mengapresiasi inovasi PHRI Karangasem melakukan bersih sampah plastik secara kontinyu, sebulan sekali mengajak pelaku pariwisata. Sehingga lingkungan tetap bersih, panorama alam terjaga, dan wisatawan betah berlibur di Karangasem. “Sekaligus mengedukasi masyarakat dan pengelola pariwisata pentingnya menjaga lingkungan terutama membersihkan sampah plastik,” kata Wayan Tama. *k16

Komentar