nusabali

Kamabigus Lantik 246 Pramuka SMPN 1 Manggis

  • www.nusabali.com-kamabigus-lantik-246-pramuka-smpn-1-manggis

Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus) Pangkalan SMPN 1 Manggis, Karangasem melantik 246 anggota Pramuka Penggalang di Objek Wisata Batu Belah, Banjar Seraya, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Jumat (20/12).

AMLAPURA, NusaBali

Pelantikan ini juga diisi kegiatan outbound dan kemah sehari. Pelantikan diawali pembacaan sumpah dan janji Pramuka dipimpin Kamabigus I Komang Darma Suastika dan penyerahan anggota secara simbolis kepada pembina I Ketut Sarjana.

Pelantikan juga diisi penyematan tanda pelantikan dan pengucapan janji Tri Satya. Komang Darma Suastika mengapresiasi pembinaan Pramuka di SMPN 1 Manggis. Harapan ke depan, para pembina lebih kreatif, lebih berinovasi melakukan pembinaan, sehingga potensi siswa lebih banyak bisa dioptimalkan. Terutama bidang ketrampilan pioneering, bakat semaphore, dan kepramukaan lainnya. “Pendidikan karakter, budi pekerti, dan disiplin masuk di Pramuka. Sehingga Pramuka menunjang pembelajaran di sekolah sehari-hari,” kata Komang Darma Suastika.

Komang Darma Suastika mengatakan, berdasarkan pencapaian yang didapatkan sebagai anggota Pramuka Penggalang, kecakapan penggalang dapat digolongkan beberapa tingkatan yakni penggalang ramu, penggalang rakit, penggalang terap dan penggalang garuda. Tingkatan penggalang juga memiliki syarat-syarat kecakapan umum (SKU) dan syarat-syarat kecakapan khusus (SKK). Syarat-syarat itu wajib dipenuhi untuk bisa naik tingkat atau tanda kecakapan umum dan mendapatkan tanda kecakapan khusus. Syarat jadi anggota Pramuka Penggalang untuk usia  11-15 tahun. *k16

loading...

Komentar