nusabali

Juara Diraih SMAN 1 Sukawati, Kostum Terbaik SMA 3 Denpasar

Dari LKBB Gubernur Cup V yang Digelar PPI Bali

  • www.nusabali.com-juara-diraih-sman-1-sukawati-kostum-terbaik-sma-3-denpasar

Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Bali rutin menyelenggarakan Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB).

DENPASAR, NusaBali

Tahun ini, PPI Bali kembali kembali menggelar LKBB Gubernur Cup V di GOR Lila Bhuwana, Denpasar, Jumat (20/12). Dalam lomba ini, SMAN 1 Sukawati akhirnya dinobatkan sebagai juara pertama. “Penilaian kostum terbaik baru kali ini, untuk mengapresiasi kreatifitas peserta lomba. Dalam lomba ini ditentukan juara 1, 2, 3, harapan 1, 2, 3, danton terbaik, serta variasi dan formasi terbaik,” ujar Ketua PPI Bali, I Dewa Agung Christos Sugandha Putra, di sela kegiatan lomba.

Pelaksanaan LKBB kali ini diikuti oleh 17 sekolah di antaranya SMKN 2 Bangli, SMAN 2 Tabanan, SMAN 2 Bangli, SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Ubud, SMAN 2 Semarapura, SMAN 1 Blahbatuh, SMAN 1 Bangli, SMAN 1 Abiansemal, SMAN 7 Denpasar, SMAN 3 Denpasar, SMAN 1 Sukawati, SMAN 1 Kediri, SMAN 1 Melaya, dan SMAN 2 Negara. “Pelaksanaan LKBB ini diawali dari kabupaten/kota, kemudian dari situ kami minta masing-masing daerah mengirimkan tiga wakil yang menjadi juara 1, 2, dan 3. Tapi tergantung kesiapan dan kemauan sekolah sendiri. Setiap tahun meningkat antusias peserta, cuma memang tahun ini minus peserta dari Kabupaten Buleleng dan Karangasem, karena terkendala beberapa hal,” jelasnya.

Dewa Sugandha mengungkapkan, LKBB ini murni kegiatan dari PPI Bali. Meski pembiayaan sendiri, namun ada juga beberapa bantuan donatur dan sponsorship, serta dukungan dari Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, dan sumbangan piala untuk masing-masing juara oleh anggota DPD RI Dapil Bali, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III. “Tujuan kegiatan ini tiada lain untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan bela negara, serta pembentukan karakter,” katanya.

Sekaligus, LKBB menjadi salah satu ajang penjaringan calon-calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. “Dari program ini bisa dilihat juga peserta yang meneruskan jenjang seleksi ke tingkat paskibraka. Banyak yang ikut seleksi paskibraka setelah ikut LKBB,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia LKBB Gubernur Cup V, Putu Ricko Ardi Pratama, mengatakan, tahun ini penjurian melibatkan Brimob Polda Bali, Korem TNI AD, dan lembaga independen. Materi yang menjadi kriteria penilaian yang terdiri dari pelatihan baris berbaris dasar, variasi gerakan dan formasi gerakan, serta kualitas danton. Penilaian meliputi kerapian, ketepatan waktu, kedisiplinan, dan kekompakan. “Peserta tidak boleh memakai seragam paskibraka dan atributnya,” ungkap Paskibraka tahun 2016 ini.

Dari pelaksanaan LKBB Gubernur Cup V, juara pertama diraih oleh SMAN 1 Sukawati, juara 2 SMAN 1 Abiansemal, juara 3 SMAN 3 Denpasar. Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh SMAN 2 Semarapura, juara harapan 2 SMAN 7 Denpasar, dan juara harapan 3 diraih SMKN 2 Denpasar. Ada juga kategori variasi dan formasi terbaik diraih oleh SMAN 1 Abiansemal, dan danton terbaik SMAN 1 Sukawati. Sementara kostum terbaik diraih SMAN 3 Denpasar. *ind

Komentar