nusabali

Final Pra PON Jadi Tolak Ukur Petinju Bali

  • www.nusabali.com-final-pra-pon-jadi-tolak-ukur-petinju-bali

Final babak kualifikasi kedua PON pada Jumat (20/12) ini, diharapkan menjadi tolak ukur tiga petinju Bali untuk persiapan ke PON Papua XX/2020. 

DENPASAR, NusaBali
Karena itu, mereka harus mempelajari celah lawan hingga dapat meraih prestasi saat PON.  "Kalau dari sisi lawan sudah sama-sama tahu. Bagaimana sekarang memanfaatkan dengan baik kelemahan lawan," ucap pelatih tinju Yulianus Leo Bunga, Kamis (19/12).

Pada final Pra PON II nanti, Julio Bria di kelas Bantam 56 kg menghadapi petinju Jill Mandagi (DKI Jakarta), Gregorius Ghede Dende (kelas Welter Ringan 64 kg )melawan Libertus Gha (NTT), dan Cakti Dwi Putra (kelas kelas menengah 75 kg) lawan Agus Firmansyah (Kalbar).

"Ketiga petinju Bali ini kan sebenarnya sudah lolos PON. Sebab masuk final saja, tiket PON menjadi milik mereka. Makanya, secara otomatis lawannya sekarang itu akan ketemu lagi di PON Papua. Sehingga mereka sebenarnya sudah saling tahu," kata Yulianus Leo.

Sementara manajer Tim Pra PON Bali, Made Muliawan Arya atau yang biasa De Gadjah menambahkan, Julio Bria dan Jill Mandagi sudah pernah bertemu beberapa. Hasilnya selalu menang Julio Bria. Hanya saja sekarang itu, Jill Mandagi Petinju Pelatnas dan SEA Games. Artinya, pasti ada rasa malu pengurus pusat jika Jill Mandagi kalah dari Julius Bria.

"Disini peran wasit hakim ini sekarang, apakah mau objektif atau tidak. Jika objektif, Julio Bria pasti emas," tegas De Gadjah.

Sedangkan untuk Gregorisu Ghede Dende memang selalu kalah jika bertemu Libertus Gha. Tapi Libertus Gha juga selalu hati-hati jika bertemu Gregorius. Sebab, gaya Gregorius bisa merusak gaya lawan. Disitu letak kelebihan Gregorius. Namun Libertus Gua juga petinju pelatnas dan SEA.

Sedangkan petinju Cakti Dwi Putra memang diakui sebagai petinju muda berbakat. Meskipun yang bersangkutan sering kalah di kompetisi lokal dan ini kompetisi nasional yang diikuti. Harapannya, Cakti Dwi Putra akan membuat kejutan, serta memiliki motivasi dan semangat untuk menang.

Sebelumnya pada Pra PON I Ternate, tiga petinju Bali sudah lolos PON 2020, yakni Krispinus Mariano W kelas Layang Ringan 46 kg, Kornelis Kwangu Langu kelas Layang 49 kg, dan Jekri Riwu kelas Ringan 60 kg. Dengan demikian Bali meloloskan enam petinju ke PON Papua. *dek

loading...

Komentar