nusabali

El Clasico Tanpa Pemenang

Zidane Puas, Valverde Akui Tertekan

  • www.nusabali.com-el-clasico-tanpa-pemenang

Laga El Clasico pertama pada musim ini berakhir tanpa pemenang. Barcelona gagal menaklukkan tim rival Real Madrid, di Camp Nou, Kamis dinihari Wita (19/12).

BARCELONA, NusaBali

Laga La Liga pekan ke-17 itu berakhir 0-0. Barcelona tanpa Sergio Busquets, terlihat kurang gereget sepanjang laga. Lionel Messi dkk. minim peluang. Hal ini yang jadi sorotan, mengingat mereka tampil di depan puluhan ribu pendukung fanatik.

Hasil imbang 0-0 menjadi yang pertama setelah 17 tahun laga El Clasico. Sebelumnya, skor 0-0 terakhir tercipta pada 2002.  Selain itu, Madrid juga melalui laju terburuknya di El Clasico sejak 2011.

Namun pada Real Madrid justru lebih mendominasi. Pasukan pelatih Zinedine Zidane itu tercatat lebih lama menghabiskan waktu di area pertahanan Barcelona. Namun sejumlah peluang gagal jadi gol karena sentuhan penyelesaian akhir.

Melihat statistik, Madrid pantas jika dinilai lebih mengontrol jalannya laga El Clasico kali ini. Kendati, dari sisi penguasaan bola, Barcelona unggul 52,5 persen dari Real Madrid yang  menguasai 47,7 persen.

Madrid melepas tembakan dua kali lebih banyak dari Barcelona (11 tembakan, empat mengarah ke gawang, dibandingkan lima milik Barcelona, dengan dua mengarah sasaran)

Los Blancos juga tercatat mempunyai sepak pojok tiga kali lebih banyak dari Blaugrana (enam dibandingkan dua).  Permainan lebih sering terjadi di area Barcelona (lebih dari 60 persen dalam 90 menit laga)

Madrid juga memiliki persentase operan lebih bagus (88.3 operan sukses ketimbang 87,2 persen milik Barcelona). Tim tamu juga memiliki catatan pemulihan penguasaan (ball recovery) lebih baik dibandingkan tuan rumah (55 berbanding 51 milik Barcelona).

"Saya sangat senang. Saya memikirkan bagaimana kami keluar ke lapangan, bagaimana kami bermain dari menit pertama hingga terakhir, saya pikir kami memainkan pertandingan yang luar biasa," ujar pelatih Madrid, Zinedine Zidane kepada pers usai laga, dikutip dari Four Four Two.

Sedangkan elatih Barcelona, Ernesto Valverde, menyebutkan puas melihat usaha kedua tim menciptakan peluang demi saling mengalahkan, sudah optimal.

"Mereka begitu menekan kami dan menciptakan masalah dengan bola-bola atas, di situlah kekurangan kami," ucap Valverde.

Hasil imbang 0-0 tidak membawa perubahan pada posisi kedua tim di klasemen sementara La Liga 2019-2020. Barcelona tetap di puncak klasemen, dibuntunti Real Madrid. Kedua tim sama-sama mengoleksi poin 36 dari 17 laga, tapi Madrid kebobolan lebih banyak. *ant

Komentar