nusabali

Dinas Kesehatan Gelar Lomba Poster HIV/AIDS

  • www.nusabali.com-dinas-kesehatan-gelar-lomba-poster-hivaids

Dinas Kesehatan Karangasem menggelar lomba poster tingkat SMP bertema HIV/AIDS di SMK Widya Wisata Graha, Jalan Untung Surapati Amlapura, Senin (16/12).

AMLAPURA, NusaBali

Lomba ini bertujuan mengedukasi siswa sejak dini terhadap bahaya virus HIV yang mematikan. Dewan juri memutuskan Ni Made Gita Arsani dari SMPN 2 Kubu sebagai juara pertama. Sedangkan juara II dan juara III diberikan kepada I Kadek Edi Wiguna dari SMPN 1 Kubu dan I Ketut Ari Mahardika dari SMPN 1 Rendang. Juara IV diberikan kepada Ida Ayu Intan dari SMPN 2 Amlapura.

Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, lomba poster bertema HIV/AIDS sangat efektif mengedukasi siswa dan masyarakat umum. Sambil menikmati gambar ada pesan-pesan penting yang harus ditaati. Begitu pula peserta lomba telah paham bahaya HIV/AIDS yang kemudian dituangkan dalam gambar sarat pesan.

Lomba poster ini mengandung pesan untuk menyelamatkan generasi muda agar terhindar dari bahaya HIV/AIDS. “Secara tidak langsung memberikan edukasi terhadap siswa. Sebab sosialisasi menggunakan metode ceramah dinilai membosankan. Sehingga ada inovasi ceramah melalui gambar,” katanya. Dengan acara itu diharapkan mampu menguatkan kembali komitmen semua pihak dalam menghindari bahaya HIV/AIDS. Meningkatkan kesadaran, meningkatkan pengetahuan kepedulian keterlibatan masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi bahaya HIV/AIDS.

Harapan ke depan agar tidak ada lagi warga terinfeksi baru, tidak lagi muncul kasus kematian akibat HIV/AIDS, dan tidak ada lagi diskriminasi terhadap orang yang terjangkit HIV/AIDS. Salah seorang dewan juri, I Komang Pasek Antara mengapresiasi semangat siswa SMP se-Karangasem antusias menuangkan ide-ide kreatifnya. “Banyak siswa berbakat melukis poster, bukan saja gambarnya begitu seni dan indah, terpenting pesannya agar semua orang menjauhi bahaya HIV/AIDS itu,” jelas Komang Pasek Antara. Jurii lainnya yakni Ida Made Basmadi dan Dwi Mega Gunawirawan. *k16

Komentar