nusabali

Wabup Aceh Timur Dilaporkan PPNI

Diduga Tendang Perawat

  • www.nusabali.com-wabup-aceh-timur-dilaporkan-ppni

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Aceh melaporkan Wakil Bupati (Wabup) Aceh Timur Syahrul ke Polda Aceh.

BANDA ACEH, NusaBali

Pelaporan itu terkait kasus dugaan tindak pidana penganiayaan terhadap seorang perawat saat memberikan pelayanan kepada Syahrul di RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak, Aceh Timur.

"Kami melaporkan Wakil Bupati Aceh Timur ke Polda Aceh terkait kasus penganiayaan terhadap perawat saat menjalankan tugas di RSUD setempat, " kata Ketua PPNI Provinsi Aceh Abdurrahman di Polda Aceh, Senin (16/12).

Menurut Abdurrahman, perawat yang merupakan anggota PPNI di Aceh Timur itu dianiaya saat ia sedang menjalankan tugas profesi memberikan pelayanan kepada pasien. Kejadian itu terjadi pada 1 Desember 2019.

Menurut Abdurrahman, perawat ditendang di bagian perutnya saat sedang memasang tabung oksigen kepada Syahrul.

"PPNI berkewajiban melindungi seluruh anggotanya, bahkan laporan ini didukung oleh PPNI Pusat dan sejumlah LSM," kata Abdurrahman seperti dilansir kompas.

Sementara itu, FA selaku perawat yang menjadi korban tindak kekerasan yang diduga dilakukan Wakil Bupati Aceh Timur itu mengaku ditendang dan dimaki oleh Wakil Bupati. Namun, dia tidak mengetahui apa penyebab tindakan tersebut dilakukan.

"Saya tidak tahu kenapa saya tiba-tiba ditendang, padahal saya sedang memasang oksigen kepadanya," kata FA.

Menurut FA, Syahrul ke RSUD untuk mendapatkan perawatan karena keluhan sesak napas. Syahrul langsung ke ruangan tanpa mendaftar dan tanpa diketahui petugas piket Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Wakil Bupati saat masuk ke rumah sakit langsung masuk ke ruangan, sehingga saya melihat ada pasien sesak. Langsung saya cari oksigen di kamar lain, karena pasien masuk tidak melalui IGD, " ujar FA.

Hingga berita ini ditulis, kompas.com masih terus berupaya meminta klarifikasi langsung kepada Syahrul. *

Komentar