nusabali

Tembus Rp 14 T, Frozen 2 Cetak Rekor Disney

  • www.nusabali.com-tembus-rp-14-t-frozen-2-cetak-rekor-disney

Film Frozen 2 mengukuhkan cengkeraman Disney terhadap perfilman dunia.

JAKARTA, NusaBali

Film animasi ini berhasil menembus pendapatan 1 miliar dollar AS (Rp 14 triliun) dan menjadi film Disney keenam tahun ini yang resmi masuk 'billion-dollar club'.

Frozen 2 pun menyusul lima pendahulunya, Avenges: Endgame, Aladdin, Toy Story 4, The Lion King, dan Captain Marvel, mencapai ambang prestise box office tersebut.

Selain menjadi film keenam, Frozen 2 menjadi film animasi Disney ketiga yang menembus angka 1 miliar dollar AS dan kini menjadi film animasi ketujuh dengan pendapatan terbesar sepanjang masa.

Menurut data Box Office Report, Frozen 2 berhasil mencapai pendapatan global sebesar 1,033 miliar  dollar AS atau setara dengan Rp14,4 triliun.

Pendapatan besar tersebut berasal dari 666 juta dollar AS yang diperoleh dari pasar internasional dan 367 juta dollar AS dari pasar domestik.

Dari pasar internasional, China tercatat sebagai negara penyumbang pendapatan Frozen II terbesar yaitu dengan 111,5 juta dollar AS, disusul dengan Korea Selatan dengan  85,4 juta dollar AS, dan Jepang dengan 67,3 juta dollar AS.

Di Indonesia, menurut data Box Office Mojo, Frozen 2 yang berbujet 150 juta dollar AS tersebut berhasil mengantongi 13,1 juta dollar AS atau setara dengan Rp183 miliar.

Capaian Frozen 2 yang menembus US$1 miliar ini juga menambah rekor perolehan Disney. Pada awal Desember lalu, Disney menjadi studio pertama dalam sejarah yang mengantongi pendapatan 10 miliar dollar AS atau Rp140 triliun dari seluruh dunia.

Pendapatan fantastis Disney itu datang sebelum Star Wars: The Rise of Skywalker yang akan rilis pada 20 Desember nanti. Dilansir cnnindonesia dari Variety, Frozen 2 yang debut dengan angka box office domestik 130 juta dollar AS sebelum Thanksgiving lalu menjadi rekor baru film rilisan November untuk kategori film animasi.

Frozen 2 juga menjadi film animasi pertama yang rilis di luar musim panas dan mencapai perolehan akhir pekan pembuka tiga digit.  *

Komentar