nusabali

Ratusan Satpam Beraksi dalam Lomba PBB Kreasi

  • www.nusabali.com-ratusan-satpam-beraksi-dalam-lomba-pbb-kreasi

Ratusan anggota Satuan Pengamanan atau Satpam dari berbagai kabupaten/kota se-Bali ikut serta dalam lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) kreasi di GOR Ngurah Rai Denpasar, Minggu (15/12).

DENPASAR, NusaBali

Dalam lomba ini, Tim Satpam dari ITDC Polresta Denpasar tampil sebagai juara pertama. Jalannya perlombaan berlangsung seru. Sebanyak sepuluh tim satpam bersaing menjadi yang terbaik dalam ajang yang digelar serangkaian HUT ke-39 Satpam yang jatuh pada 31 Desember 2019.

Ada beberapa kriteria penilaian yang menjadi tolak ukur para juri dalam lomba ini. Mulai kerapian gerak, keterampilan baris berbaris personel dan tim, kreasi gerak, hinggga kekompakan tim satpam dalam melakukan gerakan PBB.

Menurut Ketua Panitia Lomba, Nyoman Sukresni, meski baru digelar pertama kali, namun para peserta terlihat antusias mengikuti lomba. "Dari 14 tim yang mendaftar, akhirnya hanya 10 peserta yang ikut dalam lomba PBB kreasi ini. Tapi semangatnya luar biasa,"ujarnya.

Pihak Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) menyambut baik kegiatan lomba PBB kreasi ini. Selain sebagai ajang adu keterampilan dan sportivitas, lomba ini juga untuk mempererat hubungan antar personel satpam.  "Kegiatan ini diharapkan dapat semakin mempersatukan pihak-pihak pemangku kepentingan (stakeholder) yang bergerak di bidang jasa pengamanan swasta di Bali," ujar Ketua DPD APSI Bali Gede Risky Pramana.

Pihak Direktorat Binmas Polda Bali ikut mendukung kegiatan lomba ini. Rencananya lomba PBB kreasi antar tim satpam se-Bali ini akan digelar rutin setiap tahun. "Lomba semacam ini diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas dan profesionalisme satpam dalam menjalankan tugasnya. Keterampilan seperti ini (PBB) merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang satpam disamping keterampilan-keterampilan lainnya yang wajib dimiliki seorang satpam," ujar Wadir Binmas Polda Bali, AKBP Ni Wayan Sri Yudayatni.

Sementara itu, dari hasil penilaian juri, pemenang lomba PBB kreasi ini yakni Tim Satpam dari ITDC Polresta Denpasar sebagai juara satu, juara dua diraih Tim Satpam dari Polres Badung, dan Tim Satpam PT ISS sebagai juara ketiga. Tampil sebagai juara favorit Tim FKS dari Polresta Denpasar. *isu

Komentar