nusabali

Semua Pelamar Dinilai Berkompeten

  • www.nusabali.com-semua-pelamar-dinilai-berkompeten

Panitia Seleksi Lelang Jabatan Tinggi Pratama eselon II/b menilai semua (16) pelamar berkompeten di bidangnya.

AMLAPURA, NusaBali

Skornya bersaing ketat. Mereka telah mengikuti tes wawancara di aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Karangasem, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Sabtu (14/12). Pansel yang menguji terdiri dari profesional, akademisi, dan birokrasi

Anggota pansel dari profesional, I Made Madri mengatakan, semua calon berkompeten, secara kualitas bersaing ketat. “Skornya beda tipis,” ungkap Made Madri yang mantan Sekda Karangasem di masa pemerintahan Bupati I Gede Sumantara. Saat menguji peserta, Made Madri dibantu pejabat terkait. Misalnya menguji calon Kadis Perindustrian dan Perdagangan menyertakan Plt Kadis Perindustrian dan Perdagangan Ni Made Santikawati. Pansel yang menguji selain dari unsur professional juga melibatkan akademisi AA Oka Suryaningrat dan Ni Nyoman Sunariani dari Undiknas Denpasar, dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Karangasem I Gusti Gede Rinceg.

Gusti Gede Rinceg menjelaskan, hasil dari tes tulis, uji kompetensi, dan wawancara dikombinasikan pansel kemudian diolah sehingga ditetapkan tiga calon yang diajukan ke penjabat Sekda Karangasem. Selanjutnya Penjabat Sekda Karangasem mengajukan ke pejabat pembina kepegawaian (PPK) yakni Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri. “Nilai yang diolah pansel yakni hasil dari tes kompetensi, potensi, rekam jejak, tes tulis, dan wawancara,” kata Gusti Gede Rinceg. Tiga calon yang diajukan di setiap formasi telah diranking. “Keputusan terakhir ada pada Bupati Karangasem untuk memilih satu dari tiga calon yang lolos,” tambahnya.

Saat tes wawancara kemarin, pelamar diuji satu persatu dari pagi hingga malam. Beda dengan sehari sebelumnya 16 calon menjalani tes uji kompetensi dibagi dua shift. Shift pertama diikuti 8 pelamar dan shift kedua diikuti 8 pelamar. Penguji yakni Aloycius Widiyanto Yatindro, Suryadi Utomo, dan K Puspawathi R di aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Karangasem. Pelamar di tiga jabatan eselon IIb masing-masing calon Kepala Dinas Sosial Karangasem 4 pelamar, calon Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karangasem 6 pelamar, dan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah sebanyak 6 pelamar.

Gusti Gede Rinceg mengatakan, tahapan berikutnya pengumuman hasil presentasi atau wawancara pada tanggal 19 Desember. Pengumuman uji kompetensi 20 Desember, dan pengumuman hasil seleksi tiga terbaik di setiap formasi pada tanggal 23 Desember. Selanjutnya menunggu jadwal pelantikan. *k16

Komentar