nusabali

Bupati Suwirta Tinjau Percontohan Inovasi Hidroponik KK Miskin

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tinjau-percontohan-inovasi-hidroponik-kk-miskin

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta berkunjung ke rumah kakak-beradik anak yatim piatu, I Kadek Suardana,15, - I Komang Juniarta,13, di Banjar Payungan, Desa Selat Kecamatan Klungkung, Minggu (15/12) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Kunjungan dilakukan terkait keinginan Bupati Suwirta meninjau bantuan program yang dibiayai dari dana pribadi bupati, berupa satu set hidroponik sistem NFT (Nutrient Film Tecnique). NFT ini memakai pipa 4 meter dengan 200 lobang.

Dalam kunjunga itu tampak bantuan hidroponik tersebut diisi tanaman seledri dengan masa panen setiap 3 hari sekali. Dari tanaman seledri yang ditanam tersebut diperoleh 3 kg - 4 kg sekali panen. Harga panen per kg mencapai Rp 15.000 - Rp 20.000.

Bupati Suwirta mengatakan akan terus menggarap konsep ‘memberikan kail, bukan ikan’ kepada warga untuk menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Klungkung. Bantuan yang diberikan ini merupakan bantuan percontohan, nantinya diharapkan dapat diimplementasikan kepada KK miskin lain di Kabupaten Klungkung. “Saya ingin memberikan contoh terlebih dahulu, sebelum nantinya mulai diterapkannya inovasi hidroponik masuk KK miskin tahun 2020 nanti," ujarnya.

Bupati Suwirta mengajak masyarakat Klungkung untuk dapat ikut membantu KK miskin di Kabupaten Klungkung dengan menggunakan konsep ‘berikan kail, bukan ikan’ ini. Bupati Suwirta mengharapkan kepada kakak - beradik yatim piatu ini supaya dapat memanfaatkan bantuan hidroponik yang diberikan dengan baik dan produktif. *wan

Komentar