nusabali

Hujan Deras, Jalur Bukit Sang Hyang Ambu Tertimbun

  • www.nusabali.com-hujan-deras-jalur-bukit-sang-hyang-ambu-tertimbun

Akses Jalan Amlapura-Denpasar tepatnya di Bukit Sang Hyang Ambu, Banjar Belong, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Jumat (13/12) pukul 17.30 Wita tertimbun material kiriman setebal 30 cm, sepanjang 10 meter.

AMLAPURA, NusaBali

Material tersebut berasal dari puncak bukit akibat hujan lebat. Petugas gabungan membutuhkan waktu 5 jam untuk membersihkan material yang menutup akses jalan itu.

Petugas gabungan dikoordinasikan Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, melakukan penanganan menggunakan alat berat dan 3 unit truk. Pembersihan material ini tuntas dilakukan pada, Sabtu (14/12) pukul 10.30 Wita.

Penanganan pertama selama tiga jam dilakukan, Jumat (13/12) pukul 18.30 Wita hingga 21.30 Wita. Penanganan kedua selama dua jam, Sabtu pukul 08.00 Wita hingga pukul 10.00 Wita. Penanganan itu awalnya secara manual, mengingat kiriman material cukup tebal hingga setinggi 30 cm, dan panjang 10 meter, maka diupayakan didatangkan alat berat.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa mendatangkan alat berat setelah berkoordinasi dengan pihak rekanan, PT Serba Guna Muda Usaha, juga dibantu satu unit truk. Satu unit truk bantuan dari Dinas PUPR Karangasem dan 1 unit truk lagi bantuan dari PT ABM (Arsa Bhuana Manunggal) Amlapura.

Sehingga penanganan memindahkan material kiriman dari puncak bukit tersebut lebih cepat tuntas. Terjadinya kiriman material dari puncak bukit yang menumpuk di jalan raya awalnya atas laporan dari Kadis PUPR Karangasemm,I Nyoman Sutirtayasa.

Selama penanganan arus lalulintas sempat macet. Setelah seluruh material disingkirkan dari permukaan jalan, tetapi jalan masih licin, maka dilanjutkan petugas pemadam kebakaran melakukan penyemprotan air, sehingga kondisi jalan raya normal kembali.

Material kiriman dari puncak Bukit Sang Hyang Ambu, seperti biasa terjadi setiap musim hujan, mengalir menyusuri alur sungai Bukit Sang Hyang Ambu kemudian memotong jalan raya, selanjutnya menumpuk di jalan karena terhalang dinding jalan. Padahal di bawah longsoran itu, ada pemukiman padat penduduk Banjar Belong. Beruntung material cepat diangkut gunakan alat berat dan tiga truk, maka material tidak sampai menyentuh pemukiman yang berada di bawah badan jalan atau di sebelah timur badan jalan tersebut.

"Begitu ada laporan, saya bergerak cepat bersama anggota, dan berkoordinasi dengan Dinas PUPR, Dinas Pemadam Kebakaran, Perbekel Bugbug dan masyarakat, agar risiko bencana bisa diminimalkan," kata Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa. *k16

loading...

Komentar