nusabali

Forum TJSP Badung Gelar Seminar dan Gathering

  • www.nusabali.com-forum-tjsp-badung-gelar-seminar-dan-gathering

Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Kabupaten Badung menggelar seminar dan gathering di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Kamis (12/12).

MANGUPURA, NusaBali

Seminar ini dibuka Bupati Badung diwakili Asisten Administrasi Umum Cokorda Raka Darmawan. Selaku pembicara utama Ketua PHRI Badung I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya.

Ketua TJSP Badung I Gede Suarsa, mengatakan Forum TJSP Badung sesungguhnya sudah ada sejak 2013 lalu sesuai Perda Badung No 6 Tahun 2013 tentang TJSP dan Perbup No 83 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan TJSP di Badung. Namun, pada 2018 baru terbentuk susunan pengurus periode 2018-2022, dan hingga saat ini Forum TJSP Badung belum berbadan hukum. Diharapkan dapat difasilitasi agar Forum TJSP dapat berbadan hukum guna memperkuat fungsi organisasi.

Dijelaskan, seminar dan gathering bertujuan menyamakan pemahaman tentang TJSP di Badung antara eksekutif dengan stakeholder. Selain itu meminta masukan dari para pelaku usaha/perusahaan tentang bentuk-bentuk bantuan TJSP/Corporate Social Responsibility (CSR) yang dapat dilaksanakan, serta langkah-langkah ke depan untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dengan sumber dana dari TJSP/CSR.

Sambutan Bupati Badung yang disampaikan Cok Raka Darmawan, diharapkan kerja sama dengan perusahaan akan dapat melakukan lebih banyak hal positif dalam upaya membangun dan mensejahterakan masyarakat. Program Pemkab Badung adalah membangun Bali dari pinggiran, dengan tagline ‘Badung Angelus Buana’, Badung berbagi dari Badung untuk Bali. Konsep ini merupakan cerminan dari napas CSR atau TJSP.

“Kami yakin semakin banyak yang kami ajak membantu, maka akan semakin ringan beban masyarakat. Tujuan utama kami adalah kesejahteraan masyarakat Badung khususnya dan Bali umumnya, di samping tentu saja dengan upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan pembangunan,” ujarnya.

Bupati berharap Forum TJSP dapat membangun koordinasi yang baik antara perusahaan dengan pemerintah untuk keberlangsungan pembangunan daerah yang lebih berkualitas dan berkelanjutan. Juga diharapkan tumbuh kesadaran tentang tanggung jawab terhadap lingkungan yang lebih luas, mengingat pariwisata merupakan sektor penggerak utama perekonomian di Badung yang perlu ditunjang dari segala bidang pembangunan, baik sektor lingkungan hidup, infrastruktur, kemasyarakatan maupun sektor lainnya. Seminar diisi testimoni dari Sigit Herdiyanto (Co General Manager Angkasa Pura), Ida Bagus Ari Wijaya Guntur (perwakilan BPD Bali), Ary Widya Dela Poerwanto (Area Head Bank Mandiri Area Badung Kuta Raya), Ismoyo Soemarlan (Direktur Uma Sapna Villa), dan I Made Sulasa (PKBL Head ITDC). *asa

Komentar