nusabali

Tasya Kamila Merasa Tertantang

Jadi Duta Lingkungan Hidup

  • www.nusabali.com-tasya-kamila-merasa-tertantang

Penyanyi yang juga Duta Lingkungan Hidup, Tasya Kamila ambil bagian dalam aksi gerakan menanam pohon di Bandung, Senin (9/12).

JAKARTA, NusaBali

Pada kesempatan itu, Tasya juga ikut membawa buah hatinya, menyirami pohon yang ditanam. Tasya terlihat bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga ikut memberikan bibit pohon kepada perwakilan kelompok tani di Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Pemberian bibit dan penanaman pohon itu dilakukan sebagai upaya pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum terutama lantaran persoalan lahan kritis yang ada di Kawasan Bandung Utara, Jawa Barat.

"Memang DAS Citarum ini dari awal tahun sudah digalakkan upaya-upaya pemulihan karena banyak masalah-masalah hidrologis misalkan banjir, banjir bandang, dan dampak kemarau yang terjadi seperti kekeringan. Karena DAS ini khususnya di hulu, lahannya sudah kritis akibat kurang pohon-pohonnya," ujar  wanita kelahiran Jakarta, 22 November 1992 ini.

Menurutnya, kegiatan menanam pohon merupakan salah satu tugas kampanye Tasya sebagai Duta Lingkungan Hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Ia berharap kegiatan ini bukan sebatas seremonial.

"Kita menitipkan pohon-pohon ini yang sudah kita tanam ke masyarakat supaya bisa diurus, dirawat, ditanam dengan baik supaya bisa menyelamatkan DAS Citarum," katanya.

Disinggung terkait tugasnya menjadi duta lingkungan, istri dari Randi Bachtiar ini mengaku ada beberapa hal yang membuatnya tertantang. Salah satunya mengubah perilaku masyarakat yang tadinya hanya memikirkan diri sendiri, memikirkan kepraktisan dan keuntungan ekonomis untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

"Tantangan paling berat sebenarnya aku dari 2005 jadi Duta Lingkungan adalah kerjanya sosialisasi, mengingatkan masyarakat. Karena tugas itu semua tidak bisa dilakukan secara instan," kata ibu dari Arrasya Wardhana Bachtiar ini. *

Komentar