nusabali

Gita Jayanti 2019 Tingkatkan Moralitas Umat Hindu

  • www.nusabali.com-gita-jayanti-2019-tingkatkan-moralitas-umat-hindu

Perayaan Gita Jayanti di Pesraman Krishna Balarama Ashram kali ini dilaksanakan dengan menyalakan tujuh api suci Agnihotra, yang dipuput oleh tujuh pandita

DENPASAR, NusaBali.com
Sebanyak lebih dari dua ratus pemedek hadir dalam perayaan Gita Jayanti di Pasraman Krishna Balarama Ashram, Padang Galak, Minggu (8/12/2019). Perayaan Gita Jayanti disebutkan dalam Kitab Suci Weda sebagai hari turunnya Kitab Suci Weda Bhagawadgita pada Hari Shukla Ekadashi  yaitu 11 hari setalah bulan baru Margashirsha yang berkisar antara bulan November-Desember. 

Perayaan ini juga sekaligus menandai dimulainya perang Mahabharata di Kuruksetra 5.000 tahun lampau. Dikisahkan, Sri Khrisna memberi wejangan kepada Arjuna yang ragu saat akan berperang dengan Kurawa yang masih merupakan keluarga. Wejangan ini, kemudian dicatat oleh Rsi Vyasadewa dalam kitab Bhagawadgita.

Ketua Pasraman Krishna Balarama Ashram, Sri Sriman Ida Waisnawa Pandita Damodara Pandit Dasa (Guru Pandita) menyatakan bahwa perayaan Gita Jayanti adalah momen yang tepat bagi umat Hindu untuk meningkatkan sraddha dan bhakti kepada Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa). “Sebagaimana disebutkan dalam Kitab Suci Weda Bhagawadgita, umat Hindu hendaknya bersama-sama berperang melawan enam musuh dalam diri kita sendiri,” ujarnya. 

Perayaan Gita Jayanti di Pesraman Krishna Balarama Ashram kali ini dilaksanakan dengan menyalakan tujuh api suci Agnihotra, yang dipuput oleh tujuh pandita. Umat Hindu kemudian mendengarkan pembacaan 700 sloka suci Bhagawadgita yang berlangsung selama lima jam. 

Ketua panitia, I Wayan Minggu, menjelaskan bahwa pembacaan 700 sloka Bhagawad-gita tersebut bertujuan melatih umat Hindu untuk belajar mengendalikan diri. “Semoga dengan perayan Gita Jayanti ini, kita sebagai umat Hindu dapat selalu menjaga toleransi dan kedamaian,” pungkasnya.

Perayaan Gita Jayanti ditutup dengan pembacaan doa prayascitta oleh Guru Pandita. “Moralitas adalah ajaran yang sangat penting untuk kita terapkan bersama-sama,” tandasnya.*yl

loading...

Komentar