nusabali

Taman Delta di Dalung Mulai Dibangun

  • www.nusabali.com-taman-delta-di-dalung-mulai-dibangun

Pembangunan Taman Delta di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, mulai digarap.

MANGUPURA, NusaBali

Taman Delta yang dibangun untuk mempercantik sungai di desa tersebut telah dimulai sejak awal Desember 2019. Pembangunan taman tersebut merupakan usulan masyarakat Desa Dalung.

Pembangunan taman ini juga satu paket dengan penataan senderan sungai. Di Taman Delta juga akan dilengkapi dengan patung. Sesuai perencanaan, patung yang akan dibangun adalah Patung Dewi Gangga.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung Anak Agung Gede Dalem yang biasa disapa Gung Dalem, mengatakan pembangunan Taman Delta di Desa Dalung, ada dua tahap. Pada tahap pertama, pembangunan khusus untuk dinding penahan tanah (DPT) yang nanti akan dijadikan lokasi pembangunan patung.

“Pembangunan sudah dimulai pada awal bulan ini (Desember). Namun, pembangunan pada tahap pertama hanya untuk dinding penahan tanah (DPT) saja, untuk pondasi patung. Anggarannya sekitar Rp 2 miliar,” ungkapnya.

Nah, untuk pembangunan tahap dua akan dilanjutkan pada 2020 mendatang. Menurut pria asal Klungkung, ini pembangunan tahap dua khusus untuk pembangunan patung. Seperti perencanaan awal, patung yang akan dibangun adalah Patung Dewi Gangga. “Untuk pembangunan patung kami anggarkan Rp 5 miliar di tahun 2020. Nanti sekaligus akan dibangun halaman dan gazebo, pengerjaan DPT di bagian hulu,” kata Gung Dalem.

Sesuai perencanaan awal, Taman Delta dibangun mengusung konsep seperti taman kota, sebagaimana usulan masyarakat, sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya untuk tempat rekreasi. Tempat ini nanti diharapkan akan menjadi tempat wisata alternatif bagi masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengatakan penataan sungai dan pembangunan taman merupakan aspirasi dari masyarakat Desa Dalung. “Ini adalah usulan dari masyarakat. Kami hanya mengerjakan saja,” katanya. *asa

Komentar