nusabali

Jalan Arah Pantai Nyanyi 'Benyah Latig'

  • www.nusabali.com-jalan-arah-pantai-nyanyi-benyah-latig

Pantai Nyanyi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan menjadi tempat favorit wisatawan untuk foto prewedding.

TABANAN, NusaBali

Bahkan pantai yang lokasinya berdekatan dengan Tanah Lot ini juga menjadi langganan wisatawan bermain ATV dan wisata kuda. Sayangnya akses jalan ke pantai masih belum mendukung. Aspal di sepanjang jalan rusak berat alias ‘benyah latig’.

Pantauan di lapangan, aspal sepanjang jalan tersebut telah mengelupas hingga kelihatan dasar batu. Kondisi ini membuat tak nyaman untuk melintas karena kerusakannya sangat parah. Padahal kunjungan wisatawan setiap harinya ke pantai mencapai puluhan orang. Saat weekend akan terjadi penambahan jumlah kunjungan.

Kelian Dinas Banjar Nyanyi I Wayan Suandana menjelaskan setiap harinya kunjungan ke Pantai Nyanyi memang ramai. Jika wisatawan lokal ke pantai lebih suka mandi, sedangkan wisatawan manca negara melakukan kegiatan ATV dan wisata berkuda. “Kalau hari biasa kunjungan 25 orang, sementara hari libur lebih ramai lagi,” ujarnya, Minggu (8/12).  

Suandana juga mengakui bahwa ramainya kunjungan wisatawan masih belum didukung dengan fasilitas jalan. Sebab sepanjang jalan atau sekitar 1 kilometer jalan masih rusak. Rusaknya jalan itu sudah terjadi sejak 6 tahun lalu. Padahal jalan tersebut sudah dihotmix. “Enam tahun sudah begitu (rusak). Rusaknya secara perlahan,” katanya.

Suandana mengakui sesuai dengan rapat di desa akan mendapat perbaikan di tahun 2020. Masyarakat pun berharap jalan ke Pantai Nyanyi lebih mulus. “Rencanya di tahun 2020 mendapat perbaikan, mudah-mudahan benar terealisasi,” tutur Suandana.

Dikonfirmasi terpisah Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Penataan Kawasan Kumuh Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan I Gede Partana, mengatakan jalan tersebut statusnya adalah jalan desa. Namun rencananya jalan ke arah Pantai Nyanyi akan diperbaiki tahun 2020, diusulkan melalui pagu kecamatan atau yang biasanya disebut dengan dana PIK (Pagu Indikatif Kecamatan). “Diperbaiki di tahun 2020 dengan dana PIK,” tegasnya.

Bahkan tak hanya jalan desa yang akan mendapat perbaikan di 2020, jalan kabupaten ruas Beraban – Pantai Nyanyi, Kecamatan Kediri, sepanjang 3,3 kilometer akan mendapat perbaikan. Sebab PUPRPKP Tabanan sudah mengusulkan melalui BKK Badung tahun 2020. “Tahun 2020 akan mendapat penanganan,” tambah Partana. *des

loading...

Komentar