nusabali

Hujan di Jembrana Diprakirakan Merata Pertengahan Desember

  • www.nusabali.com-hujan-di-jembrana-diprakirakan-merata-pertengahan-desember

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kabupaten Jembrana, memantau sudah terjadi hujan di wilayah Kecamatan Pekutatan dan Kecamatan Mendoyo.

NEGARA, NusaBali

Mulainya hujan di dua wilayah kecamatan bagian timur Kabupaten Jembrana, ini diprakirakan sebagai pertanda musim hujan yang akan meluas ke seluruh wilayah Kabupaten Jembrana pada pertengahan Desember ini.

Kepala Stasiun Klimatologi Kabupaten Jembrana Rahmat Prasetya, Minggu (8/12), mengatakan hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Pekutatan dan Kecamatan Mendoyo, masih tergolong ringan. Belum ada hujan dengan intensitas tinggi, yang berpotensi menimbukan bencana longsor dan banjir. “Secara keseluruhan di Jembrana memang belum hujan. Tetapi di Pekutatan dan Mendoyo kami memantau sudah beberapakali terjadi hujan ringan. Belum sampai ada hujan deras, dengan waktu yang lama,” ujarnya.

Meski demikian, kata Rahmat, hujan di wilayah Kecamatan Pekutatan dan Mendoyo, itu diprakirakan sudah akan bergerak ke tiga wilayah Kecamatan Jembrana, Kecamatan Negara, dan Kecamatan Melaya, memasuki pertengahan Desember ini. Tidak menutup kemungkinan, saat memasuki penghujung Desember, ini juga sudah mulai turun hujan dengan intensitas tinggi. “Prakiraan pertengahan bulan ini sudah merata. Dari prakiraan hari ini (kemarin), untuk seluruh wilayah se-Jembrana juga berawan, dan potensi terjadi hujan ringan malam hari di Pekutatan dan Mendoyo,” ucapnya.

Menurutnya, sesuai monitoring secara umum di Bali per 30 November lalu, sebenarnya juga sudah terjadi hujan di beberapa wilayah Bali Tengah. Untuk prakiraan jelang pertengahan Desember, juga terpantau peluang terjadi hujan di atas 50 persen di beberapa wilayah Bali Tengah, dan peluang hujan di bawah 50 persen di wilayah lainnya. Sesuai monitoring sebelumnya itu, mundurnya musim hujan tahun 2019, ini disebabkan angin timuran yang masih dominan, dan adanya fase Madden Julian Oscilation (MJO) kering, yang menyebabkan berkurangnya pembentukan awan hujan. *ode

Komentar