nusabali

Crekeh Genjer Lembongan Raih Juara I

Lomba Gong Kebyar Wanita Klungkung 2019

  • www.nusabali.com-crekeh-genjer-lembongan-raih-juara-i

Ke depan harus dilakukan pemerataan pemilihan peserta dengan pembinaan lebih awal. Karena setiap kecamatan punya banyak potensi.

SEMARAPURA, NusaBali

Sekaa Gong Kebyar Wanita (SGKW) Crekeh Genjer, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, berhasil meraih juara I Lomba Gong Kebyar Wanita antar Kecamatan di Kabupaten Klungkung 2019. Sekaa gong yang berdiri pada 16 Juli 2019 ini akan mewakili Klungkung pada Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2020.

Lomba Gong Kebyar Wanita digelar Pemkab Klungkung, Kamis (5/12) dan Jumat (6/12) di panggung terbuka Lapangan Puputan Klungkung. Hari pertama tampil Sekaa Gong Kebyar Wanita Crekeh Genjer, Desa Lembongan duta Kecamatan Nusa Penida berdampingan dengan SGKW Ayu Nulus, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan. Hari kedua, tampil SGKW Gita Tunjung Mekar, Desa Adat Besang Kangin, Kelurahan Semarapura Kaja, Kecamatan Klungkung, didampingi SGKW Padma Negara, Desa Sampalan Kelod, Kecamatan Dawan.

Keempat sekaa tampil atraktif di hadapan ratusan penonton. Setiap sekaa membawakan tabuh kreasi, tabuh lelambatan, dan mengiringi tari pilihan dan tari wajib. Usai perlombaan, dewan juri mengumumkan para juara. Juara I dengan nilai 1.359 diraih SGKW Crekeh Genjer, Desa Lembongan, juara II nilai 1.328 diraih SGKW Padma Negara, Desa Sampalan Kelod, Kecamatan Dawan. SGKW Ayu Nulus Desa Tusan meraih juara III dengan nilai 1.191 dan juara IV dengan nilai 1.173 diraih SGKW Gita Tunjung Mekar, Desa Adat Besang Kangin, Kelurahan Semarapura Kaja, Kecamatan Klungkung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan selamat kepada semua sekaa yang sudah tampil. Menurut Bupati, ke depan harus dilakukan pemerataan pemilihan peserta dengan pembinaan lebih awal. Karena setiap kecamatan punya banyak potensi yang perlu dikembangkan.

Bupati berharap melalui lomba ini, masing-masing desa adat maupun masing-masing sanggar mulai berbenah. Karena pemerintah akan memberikan kesempatan yang sama kepada semua kelompok-kelompok seni menampilkan kebolehannya untuk berkreativitas serta berinovasi di bidang seni dan budaya.*wan

Komentar