nusabali

Mendikbud: Kini Gelar Tak Lagi Menjamin Kompetensi

  • www.nusabali.com-mendikbud-kini-gelar-tak-lagi-menjamin-kompetensi

Di era digital saat ini, gelar tidak lagi menjamin kompetensi. Bahkan gelar kelulusan tidak lagi menjamin kesiapan seseorang dalam bekerja.

JAKARTA, NusaBali
Fenomena itu diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makariem, pada saat memberikan pidato pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024 di Balai Purnomo UI, Depok, Rabu (4/12) lalu.

Menurutnya, kelulusan tidak mencerminkan kesiapan berkarya dan bekerja. Begitu juga akreditasi tidak lagi menjamin mutu dan kehadiran di kelas tidak lagi menjamin proses belajar.

"Kita sedang memasuki era tersebut. Ini hal-hal yang harus segera kita sadari dan akui," ujar founder GoJek tersebut. Menurutnya, kalau setiap pihak tidak bisa secara terbuka membicarakan fenomena tersebut, maka kualitas (sumber daya manusia) akan sulit ditingkatkan. "Ini menjadi tantangan kita," kata dia dilansir okezone.com.

Untuk membuat sumber daya manusia (SDM) yang unggul di Indonesia harus bisa menjawab tantangan di era digitalisasi. "Perubahan di dunia baik dalam industri hingga teknologi kan semakin cepat, rumit, dan tak bisa diprediksi. Arahan Pak Presiden (Joko Widodo) adalah SDM unggul, ini harus diterjemahkan secara konsisten," kata dia. *

Komentar