nusabali

313 Pelamar Berebut 111 Kursi Panwascam

Ada 37 Kecamatan di 6 Kabupaten, Panitia Akan Loloskan 6 Besar

  • www.nusabali.com-313-pelamar-berebut-111-kursi-panwascam

Sebanyak 313 orang akan memperebutkan 111 kursi Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di 6 kabupaten dan kota di Bali yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 23 September 2020 mendatang.

DENPASAR, NusaBali
Total ada 37 kecamatan di 6 kabupaten dan kota yang menyelenggarakan pilkada serentak. Setiap kecamatan tersedia 3 kursi panwas. 

Kabupaten dan kota yang akan menyelenggarakan pilkada dan merekrut Panwascam adalah Pilkada Kota Denpasar 2020 dengan 4 kecamatan. Pilkada Kabupaten Badung 2020 dengan 6 kecamatan. Pilkada Kabupaten Tabanan 2020 dengan 10 kecamatan, Pilkada Kabupaten Jembrana 2020 dengan 5 kecamatan, Pilkada Kabupaten Bangli 2020 dengan 4 kecamatan, Pilkada Kabupaten Karangasem 2020 dengan 8 kecamatan. Total ada 37 kecamatan, masing-masing kecamatan memerlukan 3 orang anggota Panwascam. Sehingga ada 111 kursi Panwascam akan diperebutkan di 6 kabupaten/kota.

Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani dikonfirmasi NusaBali, Sabtu (7/12), mengatakan 6 kabupaten dan kota yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020 sudah merekrut calon Panwascam. Dari 6 kabupaten dan kota yang merekrut Panwascam tersebut sudah selesai dalam proses pendaftaran. “Total ada 37 kecamatan di 6 kabupaten dan kota merekrut Panwascam. Setiap kecamatan tersedia 3 kursi. Namun panitia akan meloloskan enam  besar. Perhitungannya adalah 3 besar yang lolos ranking 1, 2, 3 akan ditetapkan definitif. Sementara ranking berikutnya 4, 5, dan 6 kandidat pengganti antar waktu,” beber Ariyani. 

Sampai penutupan pendaftaran calon Panwascam di kabupaten dan kota, tercatat ada 313 pelamar yang dinyatakan berhak mengikuti tes CAT (computer asissted test) socrative. “Total ada 111 kursi Panwascam di 6 kabupaten dan kota akan diperebutkan oleh pelamar. Nanti akan dilaksanakan tes socrative dengan jadwal dan waktu yang sudah ditentukan,” tegas Ariyani.

Jumlah pelamar terbanyak sesuai dengan jumlah kecamatan. Tercatat Kabupaten Tabanan dengan 10 kecamatan jumlah pelamar Panwascam sebanyak 81 orang. Kabupaten Karangasem dengan 8 kecamatan terdapat 69 pelamar. Kabupaten Badung dengan 6 kecamatan terdapat 49 pelamar. Kabupaten Jembrana dengan 5 kecamatan terdapat 42 pelamar. Kabupaten Bangli dengan 4 kecamatan terdapat 41 pelamar. Sementara Kota Denpasar dengan 4 kecamatan terdapat 31 pelamar.

Menurut Ariyani, seleksi tes socrative dijadwalkan berbeda-beda waktunya. “Untuk pelaksanaan tes socrative itu Bawaslu kabupaten dan kota yang menjadwalkan. Bawaslu Bali melaksanakan fungsi supervisi dalam proses rekrutmen. Supaya benar-benar profesional, transparan, dan terbuka,” kata mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Buleleng, ini.

Ariyani menegaskan kandidat Panwascam untuk pilkada serentak 2020 ini diharapkan mereka yang lolos adalah orang-orang berintegritas dalam mengawal proses demokrasi. “Masyarakat kita harapkan juga mengawal proses rekrutmen. Setelah tes socrative akan ada lagi tes berikutnya, yakni tes wawancara. Silakan masyarakat berpartisipasi mengawal proses rekrutmen,” tegas Ariyani. 7 nat

loading...

Komentar