nusabali

Satpol PP Berangus Puluhan Reklame Bodong

  • www.nusabali.com-satpol-pp-berangus-puluhan-reklame-bodong

Satpol PP Tabanan memberangus puluhan reklame bodong dengen media spanduk, baliho, dan banner, di sepanjang Jalan Gajah Mada atau areal Taman Kota, Kecamatan Tabanan, Tabanan, Jumat (6/12).

TABANAN, NusaBali

Tindakan ini untuk mencegah agar wajah kota tak semraut itu.  Satpol PP juga menertibkan para pedagang yang memajang dagangannya meluber di halte dan trotoar. Kepala Satpol PP Tabanan Wayan Sarba mengatakan, penertiban tersebut merupakan langkah nyata guna membuat wajah kota menjadi bersih dan tertib. Apalagi sejumlah pedagang kaki lima kerap kali berjualan di atas trotoar sehingga mengganggu para pejalan kaki.

"Para pedagang ini langsung kami bina agar selanjutnya tidak memajang dagangannya sampai ke halte dan trotoar. Kalau reklame berupa berupa spanduk dan banner kami beri peringatan langsung agar langsung dibersihkan," ungkapnya.

Menurutnya, para pedagang yang melanggar aturan itu sudah berkali-kali diberikan pembinaan. Namun, mereka tetap tidak mematuhi aturan hingga ada saja oknum pedagang membandel. Sikap bandel juga terjadi pada pemasang spanduk dan baliho reklame bodong. "Karena mengganggu, maka reklame ini kami tertibkan. Tidak hanya di Jalan Gajah Mada, sebelumnya kami juga turun di sepanjang Jalan Bypass Ir Soekarno. Puluhan reklame bodong kami bongkar," terangnya.

Kata Sarba, rencananya kegiatan semacam ini akan terus dilakukan dengan menyasar lokasi lain. "Target kami, akhir tahun 2019, Kota Tabanan bersih dari pelanggaran. Karena itu, hampir tiap hari kami lakukan operasi," jelasnya.

Sarba menambahkan untuk mendukung upaya penegakan Perda tentang Ketertiban Umum, dia telah mengusulkan pembangunan pos jaga untuk menjaga ketertiban umum di Tabanan. Ada empat pos yang rencananya akan dibangun yakni di depan Kantor Satpol PP, dekat Gedung Kesenian I Ketut Maria, dekat terminal Kediri dan di DTW Bedugul.

Pembangunan pos jaga tersebut, menurut Sarba, telah didasari kajian teknis. Untuk wilayah kota difungsikan mengawasi seputaran Gedung Maria dan Gajah Mada, sebagai pusat hiburan dan ekonomi. Di wilayah Kediri untuk menjaga ketertiban umum sepanjang Jalan Ir Soekarno. Di DTW Bedugul untuk pengamanan saat musim liburan dan hari raya karena sering macet akibat banyak pengunjung. Di depan Kantor Satpol PP untuk pengamanan seputar Lapangan Alit Saputra, karena di sekitar lokasi ini banyak aktivitas masyarakat. "Mudah-mudahan tahun depan pos pos ini bisa diwujudkan. Kami akan memohon bantuan sebagai bentuk tanggungjawab sosial

kepada mitra kerja. Seperti perbankan dan pengelola objek wisata, mudah mudahan bisa dibantu mengingat APBD Tabanan terbatas," tandas Sarba.*des

loading...

Komentar