nusabali

Jokowi Dianugerahi 'Asian of The Year 2019'

  • www.nusabali.com-jokowi-dianugerahi-asian-of-the-year-2019

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Asian of The Year dari media The Straits Times Singapura, karena menjadi sosok pemersatu di tengah masa kekacauan.

JAKARTA, NusaBali
Jokowi dipilih oleh media asal Singapura itu, karena ketangkasannya dalam menavigasi arus politik dalam negeri yang rumit dan urusan internasional.

Presiden Jokowi mengalahkan Prabowo Subianto dalam Pemilihan Umum Presiden April tahun ini, untuk mempertahankan jabatannya yang kedua di negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar dan demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Straits Times menuliskan karier politik Jokowi dari wali kota Solo, lalu menjadi pemimpin negara dengan ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Wajah Jokowi terpampang di headline koran tersebut Kamis (5/12).

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman membenarkan anugerah yang diberikan kepada Jokowi. Fadjroel turut menyampaikan testimominya.

"Bersyukur tiada hingga kepada Tuhan. Alhamdulillah berkat kerja cerdas bersama seluruh rakyat Indonesia, Presiden Jokowi mendapatkan anugerah Asian of the Year 2019 dari The Straits Times Singapura," kata Fadjroel lewat pesan singkat, seperti dilansir detik, Kamis (5/12).

Fadjroel mengatakan penghargaan ini prestisius. "Ini merupakan penghargaan prestisius dan pengakuan prestasi kerja bersama seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

"Modal sosial untuk mewujudkan Panca Kerja: pembangunan SDM, infrastruktur, penyederhanaan birokrasi dan regulasi serta transformasi ekonomi untuk meraih Indonesia Maju, empat besar perekonomian terbesar di dunia pada 2045 (China, USA, India, Indonesia). Kita adalah bangsa pemenang!" paparnya.

Para editor seperti dikutip dari vivanews mengatakan kepribadian Jokowi yang membumi, kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang, berempati dengan rakyat jelata, telah menarik banyak pengagum di dalam negeri. Di luar negeri, mereka memuji kemampuannya menghadapi tantangan strategis yang dihadapi negaranya dan di kawasan.

Editorial Straits Times juga memuji peran Jokowi yang menempatkan Indonesia di pusat ASEAN, blok regional beranggotakan 10 negara dalam beberapa waktu terakhir.

Jokowi menyampaikan ucapan terima kasihnya. "Terima kasih. Ini kehormatan bukan untuk saya semata-mata, tapi untuk Indonesia," kata Jokowi lewat Instagram, Kamis (5/12).

Selain anugerah dari The Straits Times Singapura, Jokowi juga masuk dalam Top 50 dalam 'The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2020' atau 50 teratas di antara 500 muslim paling berpengaruh di dunia tahun ini.

Peringkat Jokowi tahun ini ada di nomor 13, naik dibanding tahun 2018 kemarin yang berada di nomor 16. Jokowi naik tiga peringkat. *

loading...

Komentar