nusabali

16 Tahun Tanpa Sekretariat, PHDI Pinjam di Puri Gede

  • www.nusabali.com-16-tahun-tanpa-sekretariat-phdi-pinjam-di-puri-gede

Selama 16 tahun PHDI Karangasem tanpa kantor sekretariat.

AMLAPURA, NusaBali

Ketua PHDI Karangasem periode 2019-2024, Dr Ni Nengah Rustini MAg berinisiatif pinjam tempat di Puri Gede Karangasem, Jalan Sultan Agung Amlapura untuk sekretariat. Panglingsir Puri Gede, Anak Agung Bagus Ngurah Agung merespon positif dan menyetujui permohonan PHDI pinjam tempat di puri.   

Ketua PHDI Karangasem Dr Ni Nengah Rustini mengaku telah berkoordinasi dengan panglingsir Puri Gede Karangasem AA Bagus Ngurah Agung dan mendapatkan apresiasi dan persetujuan. “Dalam waktu dekat, PHDI berkantor di Puri Gede Karangasem. Segala kegiatan PHDI bisa dilaksanakan di Puri Gede, terutama menyangkut pembinaan umat, diksa pariksa, dan surat menyurat lainnya,” ujar Dr Ni Nengah Rustini, Kamis (5/12).

Dikatakan, PHDI Karangasem belum punya sekretariat. Sebelumnya ada sekretariat di depan SMA Parisadha Amlapura, Jalan Ngurah Rai Amlapura. Setelah gedungnya keropos, sejak tahun 2003 tidak lagi difungsikan. Sehingga kegiatan diksa pariksa diselenggarakan di rumah calon sulinggih. Menurut Rustini, PHDI Karangasem perlu perubahan, mulai dari struktur kepengurusan, dukungan sekretariat, adanya staf yang bertugas di secretariat, dan mengoptimalkan pembinaan kepada umat. Apalagi ada rencana membentuk badan penyuluh, yang khusus mendidik calon pamangku dan calon sulinggih. Diberikan pemahaman ilmu pengetahuan, begitu jadi pamangku dan sulinggih, telah siap melayani umat.

Dijelaskan, pinjam tempat di Puri Gede Karangasem sambil menunggu pembangunan sekretariat PHDI di depan RSUD Karangasem Jalan Ngurah Rai bantuan Provinsi Bali. Terpisah, panglingsir Puri Gede Karangasem AA Bagus Ngurah Agung membenarkan PHDI Karangasem mohon bantuan tempat untuk sekretariat di Puri Gede Karangasem. “Saya sudah setuju, salah satu bangunan di Puri Gede Karangasem untuk sekretariat. Sehingga di Puri Gede Karangasem nantinya ada aktivitas bidang keagamaan,” jelasnya. Dikatakan, tempatnya strategis berdampingan dengan Taman Kota Candra Bhuana Amlapura. Selama ini Puri Gede Karangasem juga sering digunakan untuk kegiatan paruman sulinggih, PKB Karangasem, dan Festival Pusaka Nusantara. *k16

Komentar