nusabali

BUMDes Layani Jasa Online

  • www.nusabali.com-bumdes-layani-jasa-online

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Arta Jaya Desa Muncan, Kecamatan Selat, BUMDes Desa Bebandem dan BUMDes Desa Besakih, Kecamatan Rendang menerapkan layanan online.

AMLAPURA, NusaBali

Tujuannya untuk memudahkan masyarakat, tidak jauh-jauh pergi melakukan transaksi. BUMDes Arta Jaya Desa Muncan melayani mengurus BPJS, listrik, air, telepon, dan samsat.

Ketua BUMDes Arta Jaya Desa Muncan, I Wayan Gede Arsa mengatakan, pelayanan online dilakukan sejak November 2019. Misalnya untuk bayar samsat, warga bisa bayar pajak di BUMDes Arta Jaya secara online. Selanjutnya petugas mengambil bukti bayar pajak ke samsat. Warga memerlukan waktu 24 jam untuk mendapatkan bukti bayar pajak. “Bayar BPJS, listrik, samsat, dan air bisa langsung di BUMDes Arta Jaya,” ungkap Gede Arsa, Kamis (5/12).

Terpisah, Ketua BUMDes Bandem Jagadhita, Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem I Nengah Cadra mengatakan BUMDes telah melakukan pelayanan online yakni pajak bumi dan bangunan, samsat, air, listrik, perbankan, kredit antar bank, dan pulsa. Online diberlakukan sejak November 2019. “Tujuannya untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga tidak perlu datang jauh-jauh melakukan transaksi,” kata Nengah Cadra. Warga cukup datang ke Kantor BUMDes Desa Bebandem di Banjar Pande Sari. Apalagi Kantor BUMDes jadi satu areal dengan Kantor Desa Bebandem sehingga masyarakat yang mengurus kepentingan di Kantor Desa Bebandem tidak jauh-jauh untuk belanja. *k16

Komentar