nusabali

Bupati Suwirta Bantu Gadis Yatim Piatu Jadi Tulang Punggung Keluarga

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-bantu-gadis-yatim-piatu-jadi-tulang-punggung-keluarga

Kadek Arini Danawati,17, warga Desa Satra, Kecamatan Klungkung, Klungkung, meskipun berstatus anak yatim piatu, menjadi tulang punggung keluarga.

SEMARAPURA, NusaBali

Dia harus menjadi remaja putri yang kuat dan tangguh. Dia pun bekerja di salah satu supermarket di Klungkung.  Dengan pekerjaan itu, dia bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memenuhi kebutuhan keluarga, yakni membantu adiknya. Kondisi Arini seperti itu menjadi perhatian Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menggelar bedah desa di Desa Satra, Selasa (3/12).

Bupati Suwirta melakukan diskresi atau langkah bersifat segera dengan memasukkan Arini ke dalam KK miskin, walaupun dia tidak masuk ke dalam indikator kemiskinan di pusat. “Tindakan diskresi ini dilakukan karena Arini berstatus Yatim piatu, dan diusia yang masih muda masih harus berperan sebagai kepala keluarga. Tindakan Deksresi yang dilakukan adalah berupa memasukan Arini sebagai KK miskin,” ujar Bupati Suwirta, Kamis (5/12).

Bupati Suwirta juga minta para kepala OPD lingkup Pemkab Klungkung untuk menyumbangkan dana sukarela langsung diberikan kepada Arini. Dalam melakukan Bedah Desa di Desa Satra, Bupati Suwirta juga mengunjungi beberapa masyarakat lansia, di antaranya Wayan Renti, Dewa Putu Alit dan Desak Nyoman Mija, Desak Made Lukir, Dewa A Made Pudet, dan masyarakat Disabilitas Ketut Rasta, Nyoman Jiwi,67, yang memperoleh bantuan sembako.

Sebelumnya, Bupati Suwirta beserta rombongan melakukan kegiatan Bedah Desa di Desa Akah. Di desa ini, Bupati Suwirta mengunjungi beberapa warga yang tergolong KK miskin permanen. Di antaranya, I Nengah Sudita, I Nengah Tambir, I Nengah Sedana, I Nengah Swandi, Anak Agung Ketut Kota, Anak Agung Istri Diantari, Anak Agung Ngurah Brati, Ni Wayan Jelih, Ni ketut Nyabuh, NI Wayan name, Ni Nyoman Kendri.

Masyarakat yang tergolong disabilitas, di antaranya Putu Budiarta, Nengah Sinta, Sang Ayu Ketut Eka Yanti, Sang Nyoman Sadia, dan ODGJ (orang dalam gangguan jiwa) I Wayan Kawi, I Ketut Sarka, Ni Wayan Julianti, dan Sang Nyoman Sadia. Bupati juga mengunjungi masyarakat yang memperoleh bantuan Bedah Rumah, Ketut Tapa.

Bupati Suwirta mengingatkan kepada perangkat desa adat dan dinas supaya data penerima bantuan dapat disinkronisasikan agar dalam memberikan bantuan dapat diterima secara merata. *wan

loading...

Komentar