nusabali

Universitas Udayana Luncurkan Teaching Farm Close House

Pertama dan Terbesar di Bali

  • www.nusabali.com-universitas-udayana-luncurkan-teaching-farm-close-house

Sebagai salah satu upaya meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, Universitas Udayana meluncur Teaching Farm Close House di area Fakultas Peternakan, kampus Unud di Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Kamis (5/12) siang.

MANGUPURA, NusaBali

Peluncuran kandang ayam dengan teknologi tinggi ini merupakan pertama dan terbesar di Bali. Pasalnya, fasilitas tersebut mampu menampung 20.000 ekor ayam.

Rektor Universitas Udayana Prof Dr dr AA Raka Sudewi, menerangkan kerja sama bidang pendidikan dengan PT Charoen Pokphand ini sudah terjalin sejak tahun 2014 lalu. Kerja sama ditindaklanjuti dengan pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Tidak berhenti disitu, kerjasama ini juga melahirkan konsep pembangunan kandang ayam pada Februari lalu dan pada Kamis siang kemarin resmi diluncurkan. “Pemberian hibah ini ditujukan untuk melengkapi sarana belajar mengajar di perguruan tinggi mitra akademik dengan fasilitas berupa kandang yang akan digunakan sebagai sarana penelitian dan pengembangan, sarana praktik budidaya ayam, media aplikasi ilmu pengetahuan, arena belajar mengajar, dan berbagi pengetahuan teknis dan miniatur dunia usaha,” ungkapnya saat memberikan keterangan pers yang didampingi oleh Presiden Direktur PT Charoen Pokphan Thomas Effendy, Presiden Area Eastern Peraphon Prayooravong, dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali I Wayan Mardiana.

Raka Sudewi mengatakan, salah satu teaching farm yang dibutuhkan pada Program Studi Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan adalah teaching farm ayam pedaging (broiler). Teaching farm berfungsi untuk menunjang proses belajar-mengajar, praktikum, magang (praktik kerja), dan juga sebagai tempat penelitian bagi dosen/mahasiswa yang berkaitan dengan peternakan salah satunya peternakan ayam broiler. Teaching farm ini merupakan salah satu konsep close house yang memiliki fasilitas termodern di Indonesia dengan kapasitas 20.000 ekor.  *dar

Komentar