nusabali

Empat OPD Masih Merah

  • www.nusabali.com-empat-opd-masih-merah

OPD merah yakni Dinas PUPR, BPBD, dan Kelurahan Subagan skor 50,95 persen.

AMLAPURA, NusaBali
Bapelitbangda (Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah) Karangasem menggelar rapat evaluasi monitoring (e-monev) di ruang rapat kantor setempat, Kamis (5/12). Rapat evaluasi dihadiri seluruh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD). Pertemuan yang dipimpin Plt Kepala Bapelitbangda Karangasem I Nyoman Siki ini untuk input ulang serapan keuangan triwulan IV. Sebab Bapelitbang merilis data salah sehingga panen protes dari pimpinan OPD. Setelah perbaikan, nyaris semuanya berubah menjadi hijau. Tinggal 4 OPD dengan skor merah.

Siki Ngurah menegaskan, setelah ada masukan dan kontrol dari segenap OPD, seluruh realisasi capaian keuangan telah diinput. Meski masih ada skor merah, disebabkan oleh kegiatan fisik tengah berlangsung. “Secara umum, rata-rata skor hijau. Bagi OPD yang tidak sempat menginput data realisasi, Bapelitbangda siap memfasilitasi,” jelas Siki Ngurah didampingi Kepala Bidang Analisis Data Pembangunan Perencanaan Program Pengendalian Evaluasi dan Pelaporan I Gede Diaksa. Empat OPD yang masih merah yakni Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) skor 50,97 persen, BPBD skor 38,77 persen, Kelurahan Karangasem skor 45,17 persen, dan Kelurahan Subagan skor 50,95 persen.

Bagian Perlengkapan Setda Karangasem yang sebelumnya tertulis nol persen, melesat jadi 96,42 persen. Capaian nomor dua setelah Dinas Ketenagakerjaan dengan skor 97,4 persen. Disusul Inspektorat Daerah skor 95,79 persen, Dinas Kebudayaan 94,53 persen, Bapelitbangda 94,06 persen, Bagian Humas dan Protokol 93,97 persen, dan lainnya. Dinas Perindustrian dan Perdagangan capaiannya 59,83 persen. Menurut Plt Kadisperindag Ni Made Santikawati karena realisasi fisik masih berlangsung yakni pembangunan Pasar Amlapura Barat yang targetnya tuntas 27 Desember. “Nilai pembangunan fisik Rp 14,054 miliar masih proses. Saya terus pantau agar rekanan mengerjakan dan tuntas sesuai tahapan,” kata Santikawati.

Begitu juga Kadis Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama mengaku sementara capaiannya 66,41 persen. “Sisanya kan 33 persen, tinggal menunggu tuntasnya pembangunan gedung Puskesmas Selat,” katanya. Kalak BPBD Ida Ketut Arimbawa membantah capaiannya 38,77 persen. “Saya tidak mengerti cara menginput data, padahal capaiannya telah di atas 60 persen, nantilah saya koordinasi dengan Bapelitbangda,” jelas Ida Ketut Arimbawa. Sedangkan Lurah Karangasem I Wayan Gusita mengaku tidak pernah ada pemberitahuan input data serapan anggaran, makanya ketika ditayangkan masih merah. “Sebenarnya capaian 90,2 persen, saya akan koordinasi dengan Bapelitbangda untuk input data,” jelas I Wayan Gusita. *k16

loading...

Komentar