nusabali

Putri Denmark Kunjungi Yogyakarta

  • www.nusabali.com-putri-denmark-kunjungi-yogyakarta

Putri Mahkota Kerajaan Denmark Mary Elizabeth Donaldson berkunjung ke Yogyakarta, Rabu (4/12).

YOGYAKARTA, NusaBali

Selama berada di Yogyakarta, Mary Elizabeth menyempatkan berkunjung ke Puskesmas Tegalrejo. Sekitar pukul 09.52 WIB, Putri Mahkota Kerajaan Denmark dan rombongan tiba di Puskesmas Tegalrejo. Kepala Puskesmas Tegalrejo Abdul Latief mengatakan, Mary Elizabeth Donaldson berkunjung ke Yogyakarta dalam rangkaian peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia dengan Denmark.

"Prince Mary juga salah satu duta WHO, khususnya yang akan melihat program kesehatan reproduksi, keluarga berencana, dan kesehatan remaja," ujar Abdul Latief seperti dilansir kompas, Rabu.

Abdul Latief menyampaikan, jika melihat keadaan saat ini, kesehatan remaja sangat dibutuhkan. Sebab, banyak terjadi kasus kehamilan yang tidak diinginkan.

"Ini menjadi konsen tersendiri bagi Prince Mary untuk melihat dan mendengar sebenarnya permasalahan kesehatan yang ada di Kota Yogya untuk kesehatan reproduksi itu apa," kata Abdul.

Putri Mahkota Kerajaan Denmark tersebut juga melihat langsung program konseling untuk remaja, penanganan pasien HIV/AIDS, serta kesehatan ibu dan anak yang ada di Puskesmas Tegalrejo. Selain itu, dia juga melihat sarana prasarana yang ada, seperti laboratorium.

"Respons baik dari Prince Mary di Tegalrejo ini merupakan fasilitas kesehatan yang terkoneksasi dengan baik," kata Abdul.

Putri Mahkota Kerajaan Denmark juga berdialog bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan pihak Puskesmas Tegalrejo terkait program-program yang ada.

Bahkan, dalam dialog bersama, Mary Elizabeth mendengar langsung masukan dari para kader kesehatan remaja. Setelah itu, Mary Elizabeth mengutarakan apresiasinya terkait pelayanan kesehatan di Indonesia yang pro terhadap remaja dan ibu hamil.

"Apresiasi bahwa Indonesia, khususnya di Yogyakarta ini juga bisa menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang sangat pro terhadap masyarakat, remaja, dan khususnya bagi ibu-ibu hamil," kata Mary.

Sekitar pukul 11.30 WIB, Putri Mahkota Kerajaan Denmark Mary Elizabeth Donaldson tampak meninggalkan Puskesmas Tegalrejo. *

Komentar