nusabali

Jelang Nataru, Harga Pangan Stabil

  • www.nusabali.com-jelang-nataru-harga-pangan-stabil

Pemprov Bali berencana menggelar pasar murah barang kebutuhan pokok terkait Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020.

DENPASAR,NusaBali
Selain membantu warga memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dari harga pasar, pasar murah bertujuan menjaga stabilisasi harga.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali I Wayan Jarta mengatakan pasar murah pangan tersebut merupakan program Pusat terkait hari besar keagamaan. “Selain itu kita di Provinsi juga punya program untuk itu,” jelas Jarta, pejabat asal Sesetan Denpasar Selatan.

Rencananya pelaksanaan pasar murah kebutuhan pokok akan digelar 3 kali. Meski belum memastikan lokasinya, namun Jarta menyatakan pelaksanaan pasar murah nanti salah satunya kemungkinan berlokasi parkir timur Monumen Bajra Sandhi, Renon Denpasar. Demikiam waktu pelaksanannya akan dilakukan berdekatan dengan jelang Nataru.

Sementara harga bahan pangan atau kebutuhan pokok relatif stabil. Diantaranya beras. Di tingkat eceran harga beras premium berkisar Rp 12.000 per kilogram. Sedang untuk beras medium Rp 10.500 per kilogram. Cabe merah keriting Rp 40.000 per kilogram, cabe rawit merah Rp 32.000 ribu per kilogram. Sedang daging ayam ras Rp 37.000 per kilogram.

“Tidak kurang dari 18 item bahan pangan yang dipantau,”ungkap Jarta. Dari pantauan dan pengecekan yang dilakukan harga pangan stabil. Tandasnya, pasokan pangan mencukupi dan distribusi lancar. Memang terjadi fluktuasi harga, namun masih dalam batas harga yang terjangkau oleh konsumen.

“Kami akan terus lakukan pengecekan dan koordinasi untuk memastikan ketersediaan pangan tetap terjaga,” tegas Jarta.  *K17

Komentar