nusabali

SMPN 1 Semarapura Gelar Ulangan Berbasis Online

  • www.nusabali.com-smpn-1-semarapura-gelar-ulangan-berbasis-online

SMPN 1 Semarapura, Klungkung menggelar ulangan atau tes mata pelajaran berbasis online.

SEMARAPURA, NusaBali

Model ulangan ini untuk memantapkan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan membiasakan para siswa untuk mengerjakan ulangan secara online baik siswa kelas VII, VIII dan IX.

Dengan model itu, soal ulangan diakses lewat smartphone. Beberapa siswa yang tidak memiliki smartphone mengerjakan soal di lab komputer. Guna memberikan motivasi dan semangat belajar, siswa yang meraih nilai tertinggi saat ulangan sekolah juga mendapatkan reward.

Upaya itu sekaligus untuk memacu semangat belajar siswa lainnya. “Kami berharap dengan membiasakan siswa dari menjawab ulangan berbasis online, mereka akan lebih siap ketika menjawab UNBK,” ujar Kepala SMPN 1 Semarapura, I Nyoman Karyawan, kepada NusaBali, Selasa (3/12).

Dijelaskan, pelaksanaan ulangan berbasis online dengan menggunakan smartphone tersebut setiap pelajar memegang handphone masing-masing yang telah terhubung ke server. Maka saat ulangan langsung menampilkan soal yang berisi pilihan ganda dan soal esai bagi para peserta ujian. “Siswa yang tidak memiliki smartphone mengerjakan soal dengan komputer/laptop sekolah. Kami sudah siapkan sebanyak 100 unit komputer untuk digunakan ujian," ujarnya.

Lebih lanjut, Karyawan menjelaskan, dari hasil evaluasi selama ini pihaknya juga memperbanyak pilihan jawaban namun esensinya tetap sama pada jawaban essay. Seperti misalnya sebuah jawaban kurang tanda titik, koma, namun jawaban itu esensinya benar maka jawabannya dianggap benar. “Kami sudah lakukan evaluasi untuk penyempurnaan,” katanya. *wan

loading...

Komentar