nusabali

Perpustakaan SMAN Bali Mandara Sabet Juara I Nasional

  • www.nusabali.com-perpustakaan-sman-bali-mandara-sabet-juara-i-nasional

SMAN Bali Mandara, Buleleng, tahun 2019 kembali meraih Juara I Pengelolaan Perpustakaan Sekolah se Indonesia.

SINGARAJA, NusaBali
Penghargaan sebagaimana juga diraih tahun 2018 itu diserahkan oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti, Jumat (29/11), di Jakarta.

SMAN Bali Mandara meraih predikat itu berkat program pengelolaan mandiri dan pemanfaatan perpustakaan untuk siswa di sekolah dan luar sekolah. Kepala SMAN Bali Mandara Dr I Nyoman Darta MPd, Selasa (3/12), menjelaskan sebelumnya SMAN Bali Mandara mendapatkan bantuan BI Corner, semacam pojok baca dari BI 2017. Selain dibantu ratusan judul buku, BI corner juga dilengkapi fasilitas computer dan mebeler, menyatu dengan perpustakaan sekolah. BI Corner dan perpustakaan SMAN Bali Mandara dikelola oleh pustakawan sekolah dibantu 20 relawan dari unur siswa yang menamai dirinya SMANBARA Librarian Team (SLT). Mereka bergantian bertugas dari pukul 19.00 Wita - 22.00 Wita.

Pembentukan relawan SLT berawal dari persoalan keterbatasan tenaga perpustakaan. Untuk dapat bergabung dalam SLT, siswa harus diseleksi dengan tes wawasan perpustakaan, wawancara  tentang perpustakaan SMAN Bali Mandara yang bernama Pustaka Widya Mandara. Relawan SLT sudah ada sebelum bantuan BI Corner di SMAN Bali Mandara.

“Ini penghargaan kedua kalinya kami dapatkan dari BI dengan program dedikasi terhadap anak negeri melalui 1.000 BI Corner se Indonesia. Jadi yang ikut lomba ini ada 602 di semua jenjang sekolah, khusus SMA/SKM ada 227 sekolah,” jelas Darta. Penilaian dengan visitasi tim ke sekolah dengan menitikberatkan pada keaktifan BI Corner. Warga sekolah dengan program literasi sepanjang berada di lingukungan sekolah dan asrama, mendapatkan nilai maksimal. Nilai plusnya dengan inovasi pengelolaan perpustakaan SLT dan pegawai perpustakaannya mengundang siswa SDN 8 Kubutambahan yang dekat dengan SMAN Bali Mandara. Kegiatan ini setiap hari minggu untuk menemani anak-anak SD menggali ilmu pengetahuan melalui buku di perpustakaan. SLT juga membantu siswa SD yang kesulitan menjawab soal-soal.“SLT juga terjun langsung ke SDN 8 Kubutambahan untuk membantu memperbaiki perpustakaan di SD dari segi penataan dan administrasinya,” jelas mantan Kepala SMAN 1 Singaraja ini.

Dengan keberhasilan pengelolaan dan kebermanfaatan BI Corner di SMAN Bali Mandara, Kasek Darta juga menyebut sedang menyusun inovasi baru ke depannya. Bagaimana BI Corner dan perpustakaan yang ada selama ini dapat diinovasikan lagi di bidang teknologi digital. Sehingga harapan Kasek berpretasi tingkat nasional beberapa tahun lalu dapat meringankan pengawasan dan juga teknik pelayanan dari SLTnya. “Kami sedang pikirkan pelayanan dan pengelolaan perpustakaan dengan teknologi digital, sehingga anak-anak tidak terlalu payah karena sudah dibantu digital,” ungkap dia.

Perpustakaan di SMAN Bali Mandara memiliki ribuan koleksi buku yang setiap tahunnya terus ditambah dengan anggaran sekolah. Selain itu SMAN Bali Mandara yang banyak menorehkan prestasi di bidang nasional dan internasional juga banyak mendapatkan apresiasi dari pihak ketiga dan tamu yang berkunjung ke SMAN rintisan Pemprov Bali dan menyumbangkan sejumlah buku untuk menambah koleksi perpustakaannya.*k23

loading...

Komentar