nusabali

Punya Mobil Kuras Tinja, Tapi Belum Punya IPLT

  • www.nusabali.com-punya-mobil-kuras-tinja-tapi-belum-punya-iplt

Kabupaten Bangli belum punya instalasi pengolahan lumpur tinja (IPLT). Pemprov Bali sempat membangun IPLT di Dusun Bangklet, Desa Kayubuhi, Kecamatan Bangli, namun ditolak warga.

BANGLI, NusaBali

Untuk pemenuhan pelayanan dasar kesehatan pada masyarakat, di tahun 2019 ini Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli melakukan pengadaan mobil kuras tinja.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Perkim Bangli, I Wayan Suarsana mengatakan, mobil kuras tinja. Mobil ini bisa disewa seperti halnya sewa alat berat. Mekanisme sewa diatur dalam Peraturan Bupati Bangli. Dana pengadaan mobil kuras tinja bersumber dari DAK Sanitasi. Proses pengadaan lewat Unit Pelayanan Pengadaan (ULP). “Mobil sudah datang, sambil menunggu perbup yang mengatur masalah sewa, buat sementara mobil ini bisa dimanfaatkan untuk angkut air bersih,” ungkap Wayan Suarsana, Senin (2/12).

Wayan Suarsana, menambahkan karena Bangli tidak punya IPLT, nantinya bekerjasama dengan kabupaten terdekat yang punya IPLT. “Pengoperasian mobil masih menunggu perbup. Kami akan melakukan penjajakan terkait IPLT,” ungkapnya. Dikatakan, Pemprov Bali siap kembali mengoptimalisasi IPLT di Dusun Bangklet asalkan tidak ada lagi persoalan di masyarakat. IPLT ini berlokasi di belakang tempat pengujian kendaraan. *esa

loading...

Komentar