nusabali

Bupati Artha Instruksikan ASN Tanam Sayur di Pekarangan

  • www.nusabali.com-bupati-artha-instruksikan-asn-tanam-sayur-di-pekarangan

Bupati I Putu Artha menginstruksikan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Jembrana, untuk menanam sayur ataupun tanaman bumbu di pekarangan rumah masing-masing.

NEGARA, NusaBali
Hal ini sesuai program Gerakan Membangun Sistem Intensifikasi Pekarangan (Gerbang Si Intan), dalam upaya mendukung kedaulatan dan kemandiran pangan Indonesia.

Instruksi tersebut disampaikan Bupati Artha saat menjadi inspektur upacara dalam apel pegawai Pemkab Jembrana, di Lapangan Taman Pecangakan, Senin (2/12) pagi. Bertindak sebagai pemimpin upacara dalam apel tersebut, I Made Cipta Wahyudi yang sehari-hari bertugas sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Jembrana.

Bupati Artha meminta jajaran ASN Pemkab Jembrana dapat menjadi pioner untuk mendukung Program Gerbang Si Intan. Para ASN diharap dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah, untuk menanam sayur mayur  maupun tanaman bumbu dan buah dalam pot (tabulampot), yang bisa dimanfaatkan memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Saya minta ASN menjadi pioner. Lakukan di masing-masing pekarangan,” ujarnya.

Secara khusus di tatanan pemerintah, Bupati Artha juga mengingatkan kepada OPD terkait untuk selalu meningkatkan koordinasi, komunikasi, serta bersinergi guna mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Jembrana. “Sebagai leading sector, Dinas Pertanian dan Pangan saya minta untuk mengoptimalkan peran aktif para penyuluh pertanian, petugas POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman) dan Medik Veteriner untuk melaksanakan pendampingan terhadap percepatan pelaksanaan program dan kegiatan. Optimalkan penggunaan alsintan (alat mesin pertanian) mulai dari penyiapan lahan sampai panen dan pascapanen, distribusi, dan keamanan pangan di masyarakat,” tandasnya. *ode

loading...

Komentar