nusabali

Subscriber YouTube Capai 20 Juta

Diklaim yang Pertama di Asia Pasifik

  • www.nusabali.com-subscriber-youtube-capai-20-juta

Estimasi penghasilan Atta Halilintar per bulan adalah 1,3 juta poundsterling atau setara Rp 22,4 miliar.

JAKARTA, NusaBali

YouTuber asal Indonesia, Atta Halilintar, tengah berbahagia karena subscriber di akun berbagi videonya mencapai angka 20 juta akun. Melalui keterangan foto yang ia unggah di Instagram @attahalilintar, Atta mengklaim angka ini sebagai yang pertama di tingkat Asia-Pasifik. Ia menyatakan bersyukur atas angka pengikut yang didapatkannya sejak pertama kali aktif di YouTube pada tahun 2016.

Berikut pernyataan Atta terkait capaian 20 juta pengikut di akun Youtube-nya: Berbagai respons mengalir atas unggahan Atta ini. Salah satunya disampaikan oleh sang ibunda, @genifaruk, melalui kolom komentar. "Bukan saja orangtua, keluarga, dan Indonesia bangga, tetapi juga negara-negara tetangga, bahkan hingga ke negara-negara Arab ikut bangga. Menjadi buah bibir mereka. Kami pun menjadi saksi di luar negeri. Teruslah menjadi kebanggaan, hingga menjadi kebanggan di bumi dan di langit," tulis sang ibu.

Komentar juga datang dari pengguna Instagram lainnya. Ada yang menyampaikan selamat, ada pula sebaliknya. "Banyak selamat Atta. Usaha tak mengkhianati hasil," tulis akun @junior_key. Sementara, akun lainnya, ada yang berkomentar, "Asiaaapp, angka angin".

Merayakan kebahagiaannya, anak pertama dari 11 bersaudara Gen Halilintar itu mengadakan give away berupa 1 unit mobil dan 5 buah iPhone 11. Masih dari akun Instagram pribadinya tersebut, Atta mendeskripsikan dirinya sebagai YouTuber nomor 1 di Asia di bagian keterangan akun.

Benarkah klaim Atta bahwa pencapaiannya dengan 20 juta subscriber merupakan yang pertama di Asia Pasifik? Berdasarkan data situs NoxInfluencer, akun Atta Halilintar berada di urutan ke-123 dengan jumlah pengikut 20 juta yang mengalami kenaikan 1 persen dari angka sebelumnya.

NoxInfluencer merupakan situs yang menyediakan data statistik dan analitik terkait influencer di YouTube. Dari daftar NoxInfluencer, akun Atta diketahui lebih unggul dibanding akun YouTube sejumlah artis kenamaan, seperti Wiz Khalifa, The Chainsmoker, bahkan Beyonce. Dari data analisis NoxInfluencer, akun milik Atta paling banyak diikuti oleh kalangan usia 18-24 dan 25-34 tahun dengan dominasi gender laki-laki. Untuk wilayah Indonesia, akun Atta memang menjadi yang paling banyak diikuti.

Selanjutnya, akun milik Ria Ricis di nomor 2 dengan 17,7 juta pengikut dan Gen Halilintar di urutan ke-3 dengan 12,7 juta pengikut. Jika diperhatikan lebih lanjut, sebenarnya ada akun lain yang berasal dari kawasan Asia dengan jumlah pengikut lebih banyak dari akun Atta Halilintar.

Misalnya, akun Ch3Thailand dari Thailand dengan 20,1 juta pengikut; SMTOWN dari Korea Selatan dengan 20,7 juta pengikut, dan Aaj Tak dari India dengan 23,8 juta pengikut.

Akun YouTube milik Atta Halilintar cukup aktif mengunggah konten, setidaknya dalam sepekan rata-rata jumlah video yang diunggah mencapai 3-4 video. Pada Agustus 2019, Atta juga menarik perhatian publik setelah namanya masuk dalam daftar 10 YouTuber terkaya di dunia.

Seperti diberitakan Kompas.com, 22 Agustus 2019, berdasarkan data Purple Moon Promotional Product, Atta menduduki posisi nomor delapan dalam daftar itu. Penghasilan diperkirakan mencapai Rp 269 miliar per tahun. Adapun, estimasi penghasilannya per bulan adalah 1,3 juta poundsterling atau setara Rp 22,4 miliar. Tak hanya dari Youtube, Atta meraup penghasilan dari dunia akting dan musik serta memiliki toko online sendiri.  *

loading...

Komentar