nusabali

Batas Pelunasan Raskin 10 Hari Sejak Pengiriman

  • www.nusabali.com-batas-pelunasan-raskin-10-hari-sejak-pengiriman

Pemkab Buleleng melalui Bagian Ekonomi dan Pembanguna melancarkan strategi jitu untuk mengantisipasi kemacetan beras miski (raskin) untuk ribuan warga kurang mampu di Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali
Caranya, menentukan batas waktu maksimal pelunasan raskin yang di drop ke masing-masing desa selama 10 hari. Jika dalam waktu tersebut tidak dilunasi maka desa yang bersangkutan tidak akan mendapatkan kiriman raskin selanjutnya.

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Buleleng Ketut Suparto, Selasa (26/7), menjelaskan saat ini distribusi raskin di Buleleng sudah lancar. meski tahun-tahun sebelumnya ada kemacetan distribusi raskin di sejumlah desa di Buleleng yang disebabkan oleh oknum yang tidak melunasi raskin ke pemerintah daerah. “Itu hanya ulah oknum, yang jadi korbannya ya masyarakat,” ujar Suparto.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali, pihaknya menegaskan jatah raskin ke masing-masing desa harus dilunasi dahulu sebelum menerima kiriman bulan selanjutnya. Pada tahun 2016 sesuai dengan data di Buleleng ada 4.421 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) yang masing-masing mendapatkan 15 kilogram beras.

Hingga Juni lalu, ada 3.800 ton lebih raskin yang sudah terealisasi dari target 7.635 ton raskin. Namun pada Juli, baru terdistribusikan ke empat Kecamatan yakni Gerokgak, Tejakula, Seririt dan Busungbiu. Untuk kecamatan lainnya masih dalam proses pendistribusian.

Suparto menambahkan selama ini masalah yang kerap terjadi dalam pendistribusian raskin adalah pengurangan hal masing-masing RTSPM sebanyak 15 kilogram. Jatah raskin tersebut pun ditegaskan tidak boleh dibagikan sama rata kepada seluruh warga. “Selama ini kadang alasannya karena ada warga miskin yang tidak terdata. Ini ini yang sebenarnya harus dilaporkan ke kami datanya akan diperbaharui setiap tahun,” kata dia.

Pihaknya berharap, perbekel dan aparat desa di Buleleng harus berupaya untuk memberikan bantuan tepat sasaran. * k23

Komentar