nusabali

Bupati Artha Serahkan Ratusan Unit Alsintan

  • www.nusabali.com-bupati-artha-serahkan-ratusan-unit-alsintan

Bupati Jembrana, I Putu Artha, menyerahkan 189 unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada petani Kabupaten Jembrana di Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno Jembrana, Sabtu (30/11).

NEGARA, NusaBali

Selain bantuan alsintan, dalam kesempatan bersamaan ini Bupati Artha yang didampingi Wakilnya, I Made Kembang Hartawan, Ketua Komisi II DPRD, I Ketut Swastika, Sekda Jembrana, I Made Sudiada, dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Sutama, juga menyerahkan bantuan ternak dan Kartu Tani.

Kadis Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Sutama, mengatakan bantuan yang diserahkan bersumber dari APBD Jembrana, Provinsi dan APBN. Bantuan ini diantaranya juga mencakup perbaikan infrastruktur pertanian, bantuan benih tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan, bantuan pupuk, dan berbagai bantuan lainnya. "Khusus untuk alsintan, bantuan bersumber dari APBN sebanyak 175 unit, dan APBD Kabupaten Jembrana sebanyak 14 unit. Kemudian ada bibit ternak sapi Bali betina 41 ekor untuk 2 kelompok tani ternak, kambing PE sebanyak 440 ekor untuk 10 kelompok, serta bibit babi persilangan sebanyak 200 ekor untuk 5 kelompok tani ternak," ucapnya.

Selain itu juga diserahkan ribuan Kartu Tani. Di mana Kartu Tani ini merupakan kartu yang baru diluncurkan Kementerian Pertanian (Kementan), yang berfungsi seperti kartu ATM yang bisa digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, penjualan hasil tani ke Bulog, pembayaran kredit usaha, termasuk penyaluran bantuan sosial untuk petani. "Sementara ini di Jembrana sudah tercetak sebanyak 5.282 Kartu Tani," ucap Sutama.

Sementara Bupati Artha, berpesan kepada penerima bantuan, agar menjaga, memelihara serta memanfaatkan bantuan itu dengan baik. "Anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah ini nilainya cukup besar. Namun demikian, bantuan ini sejatinya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas. Untuk itu saya minta bantuan ini agar benar-benar dijaga, dipelihara, dirawat serta difungsikan dengan baik dan benar, sehingga mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya penerima bantuan," harapnya. *ode

Komentar