nusabali

Peringatan HKN di Gianyar Dimeriahkan Sejumlah Kegiatan

  • www.nusabali.com-peringatan-hkn-di-gianyar-dimeriahkan-sejumlah-kegiatan

Pemkab Gianyar memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, Jumat, (29/11), dengan apel bersama di Lapangan Astina Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Kegiatan ini dilanjutkan dengan potong tumpeng di Balai Budaya Gianyar.  Kepala Dinas Kesehatan Gianyar dr Ida Ayu Cahyani Widyawati mengatakan peringatan HKN tahun ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh insan kesehatan di Gianyar. Mereka bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, serta tenaga profesional kesehatan lainnya yang bekerja secara mandiri. Lintas sector terkait, OPD, organisasi profesi kesehatan dan organisasi kemasyarakatan lainnya juga masyarakat umum serta anak sekolah, juga dilibatkan. Kegiatan ini sekaligus ajang sosialisasi kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam mewujudkan masyarakat Gianyar yang sehat,” jelas Ida Ayu Cahyani.

Rangkaian peringatan HKN diisi dengan Tirtayatra oleh seluruh jajaran insan kesehatan se Kabupaten  Gianyar ke Pura Bukit Mentik, Bangli. Parade kesehatan diikuti seluruh institusi dan fasilitas pelayanan di Gianyar. Lomba Senam sehat, Lomba Cerdas Cermat Kader Kesehatan oleh perwakilan kader dari wilayah kerja 13 UPT Kesmas. Lomba Masak Makanan Sehat oleh kader Posyandu. Seminar bertema Stunting di Era Milenial. Jalan Santai Bertajuk Clean & Green For Health diikuti seluruh OPD dan fasilitas pelayan kesehatan yang ada di Gianyar. Bakti sosial yang diikuti oleh seluruh institusi kesehaan dan lintas sector terkait seperti RS umum dan Swasta/klinik, organisasi profesi, pengobat tradisional, PMI, YKI dan UPT Kesmas, serta sekolah di sekitar yang memberikan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum. Upacara bendera yang dirangkaikan dengan peringatan hari PGRI ke-74 dan Korpri. Puncak HKN ke 55 yang diisi dengan panggung hiburan serta pemberian penghargaan bagi insan dan institusi yang berprestasi bidang keehatan. Harapannya, peringatan HKN ini bermanfaat terbaik dan sebesar-besarnya  bagi insan kesehatan, masyarakat dan pemerintah kabupaten gianyar dalam rangka mewujudkan masyarakat Gianyar yang aman dan sehat serta berkualitas.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Gianyar Ngakan Putu Darma Jati, saat membacakan sambutan Bupati Gianyar, mengatakan  peringatan HKN ke-55 di Gianyar untuk membangkitkan budaya hidup sehat serta  meninggalkan kebiasaan/perilaku yang kurang sehat. Rangkaian acara yang telah dilakukan dalam memperingati HKN diharapkan mampu memberikan implikasi positif yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat terutama terkait upaya pelayanan kesehatan.

Dijelaskan, guna menghasilkan pelayanan kesehatan yang menjadi pilihan masyarakat diperlukan tekad yang kuat dan dukungan seluruh elemen masyarakat, maka kualitas layanan kesehatan terus ditingkatkan. Selain itu, pelayanan yang diberikan harus berorientasi pada kemudahan, kecepatan, murah, dan berkualitas.*Isa

Komentar