nusabali

Dispar Gianyar Kukuhkan 23 Pokdarwis

  • www.nusabali.com-dispar-gianyar-kukuhkan-23-pokdarwis

Dinas Pariwisata (Dispar) Gianyar mengukuhkan 23 Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) di Museum ARMA, Desa Peliatan, Ubud, Kamis (28/11).

GIANYAR, NusaBali

23 Pokdarwis ini diharapkan menjadi mitra kerja pemerintah dalam memajukan kepariwisataan di Gianyar.  Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata AA Istri Dwi Hari Hidayati dalam laporannya, mengatakan tujuan dari  pengukuhan Pokdarwis agar tercipta SDM tangguh dan berdaya saing dalam peningkatan pembangunan desa wisata di Gianyar.

Pengukuhan Pokdarwis tersebut sesuai Peraturan Daerah No 7 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah serta Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar Nomor : 1321/E-02/HK/2019 tentang Pembentukan Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Gianyar tahun 2019-2024.

Kabid Sumber Daya Pariwisata Provinsi Bali Ida Ayu Indah mengatakan  pengukuhan Pokdarwis sebagai langkah strategis untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan daya tarik wisata di desa masing-masing. Hal tersebut juga senada dengan visi Gubernur Bali untuk mengembangkan destinasi pariwisata dengan menggali daya tarik wisata atau potensi wisata desa di Bali.

Jelaa dia, Pokdarwis berperan penting dalam pembangunan kepariwisataan dengan memberdayakan potensi lokal disuatu desa. Tugasnya, antara lain mewujudkan pengelolaan daya tarik wisata secara profesional, baik dalam bidang administrasi, SDM, pembangunan fisik dan aktivitasnya.

Dayu Indah meyakini kegiatan masyarakat desa yang  dilaksanakan sehari-hari seperti panen raya, memasak, menenun, melukis dan lain sebagainya, apabila dikemas dengan baik dan menarik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dikatakannya, konsep wisata pada dasarnya harus memiliki somethink to see (sesuatu untuk dilihat), somethink to do (sesuatu untuk dilakukan), somethink to buy (sesuatu untuk dibeli), dan somethink to know (sesuatu untuk memperkaya wawasan). *nvi

Komentar