nusabali

Pemkab Klungkung Serap Inovasi ke Pemkab Klaten

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-serap-inovasi-ke-pemkab-klaten

Rombongan Pemkab Klungkung melakukan kunjungan untuk menyerap informasi dan inovasi ke Pemkab Klaten, Jawa Tengah, Rabu (27/11) – Sabtu (30/11).

SEMARAPURA, NusaBali

Rombongan dipimpin Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta.  Hadir pula Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny Sri Kasta dan unsur Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Inspektorat, Satpol PP dan Damkar.

Rombongan Pemkab Klungkung diterima Sekda Klaten  H Jaka Sawaldi, mewakili Bupati Klaten didampingi sejumlah OPD terkait di ruang pertemuan Kantor Bupati Klaten, Kamis (28/11). Dalam kesempatan tersebut,  Wabup Kasta menyampaikan kunjungan Pemkab Klungkung ke Klaten untuk meningkatkan silaturahmi dan menggali informasi terkait inovasi yang diterapkan Pemkab Klaten. Karena Klaten memiliki inovasi bidang pertanian seperti Agro Techno Park dan pengembangan desa wisata. "Mudah-mudahan melalui kegiatan ini ada yang bisa kami serap dan aplikasikan di Kabupaten Klungkung," ujar Wabup Kasta.

Sekda Klaten H Jaka Sawaldi menyampaikan salah satu inovasi Kabupaten Klaten adalah Agro Techno Park (ATP), bidang pertanian. Dimana Kabupaten Klaten bekerjasama dengan BATAN melakukan penelitian hingga mengembangkan varietas padi yang diberi nama padi Rojolele Srinuk dan Rojolele Srinar. Dua jenis padi  ini kini sudah dikembangkan dengan kualitas yang lebih baik, seperti tanaman padi lebih rendah dengan umur panen lebih pendek, serta bulir padi lebih banyak dan pulen.

Dalam hal pengendalian hama, lanjut Sekda, Kabupaten Klaten menerapkan penanaman pohon bunga refugia, di sekitar tanaman padi dengan tujuan mengalihkan perhatian hama yang ingin menyerang tanaman padi atau jagung. "Klaten juga mengembangkan inovasi Matur Ibu oleh Diskominfo, Matur Jujur oleh Disdik dan Matur Dokter oleh Dinkes," sebutnya.

Di samping itu, dalam pengembangan desa wisata Kabupaten Klaten memiliki satu desa yang sudah menasional yakni Desa Wisata Ponggok. Desa ini mengembangkan wisata air yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Acara silaturahmi Pemkab Klungkung dengan Pemkab Klaten diakhiri dengan pertukaran cinderamata khas daerah masing-masing. Pertukaran cinderamata dilakukan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dengan Bupati Klaten Sri Mulyani yang sempat hadir menemui rombongan usai melakukan agenda dinasnya di beberapa lokasi. *wan

loading...

Komentar