nusabali

Bupati Giri Prasta Hadiri Peresmian Gedung Prakasa Rucira Garjita Polda Bali

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadiri-peresmian-gedung-prakasa-rucira-garjita-polda-bali

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadiri peresmian gedung Museum Penanggulangan Teroris dan Pusat Olahraga ‘Prakasa Rucira Garjita’ Polda Bali di Jalan WR Supratman Denpasar, Rabu (27/11).

MANGUPURA, NusaBali

Peresmian yang dilakukan oleh Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, juga dihadiri mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra, para petinggi kepolisian pusat dan Bali, anggota FBI, serta kepolisian dari negara tetangga seperti Filipina, Singapura, dan Australia.

Gedung yang amat megah dengan perpaduan arsitek modern dan tradisional Bali diberi nama Prakasa Rucira Garjita, bermakna tanggap, tangguh, dan trangginas sehingga menjadi terkenal, cemerlang, dan membanggakan untuk nusa dan bangsa. Gedung ini memiliki tiga fungsi, yaitu sejarah, edukasi, dan wisata yang dieksplor melalui museum penanggulangan terorisme dan dalam bingkai penegakan hukum.

Di dalam sport center Prakasa Rucira Garjita dan Museum Penanggulangan Terorisme, juga ada Persatuan Menembak Indonesia (PERBAKIN), International Defensive Pistol Association (IPDA), Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI), dan Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI).

Irjen Golose dalam sambutannya mengatakan atas nama Kapolda Bali mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung dan Gianyar serta masyarakat Bali yang memberikan dukungan sehingga pembangunan gedung Museum dan Sport Centre bisa terwujud. Gedung ini dibangun dengan tujuan untuk menyikapi dan mengetahui bagaimana sebelum operasi penumpasan para teroris serta pra penanganan teroris dengan sepak terjangnya sampai dapat ditumpas.

“Kami berharap masyarakat bisa hadir dan melihat langsung history tragedy kemanusian di sini. Dengan keberadaan gedung ini masyarakat luas terutama Bali dapat mengetahui alur dan tragedi bencana bom Bali yang pernah terjadi di Kuta dan Jimbaran. Kami dan kita semua tentu tidak pernah menginginkan tragedi itu terjadi di mana pun di muka bumi ini apalagi terjadi lagi di Bali,” jelasnya.

Bupati Giri Prasta di sela-sela kunjungan di sport centre, mengatakan Pemkab Badung sangat mendukung dan mengapresiasi Polda Bali dalam pemberantasan teroris dan pembangunan museum ini. “Bali dan Badung khususnya yang menjadi tujuan wisata dan hidup dari pariwisata, keamanan merupakan sebuah investasi, tentu kami tidak ingin tragedi seperti di Kuta dan Jimbaran itu terjadi lagi. Teroris merupakan musuh kita. Mari kita dukung Polda Bali secara bersama-sama untuk membuat Bali ini tenteram dan damai,” ujarnya. *

Komentar