nusabali

Nataru, OPP Padangbai Operasikan 32 Kapal

  • www.nusabali.com-nataru-opp-padangbai-operasikan-32-kapal

Memudahkan pengawasan, pintu timur ditutup, petugas hanya melakukan pemeriksaan di pintu barat.

AMLAPURA, NusaBali

Arus penumpang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) relatif sepi. Keberangkatan kapal diatur tiap 90 menit sekali. Meski penumpang sepi, jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Padangbai tambah 5 kapal lagi. Dari 35 kapal kini jadi 40 kapal, namun yang dioperasikan hanya 32 kapal. Sebanyak 6 kapal masuk dok dan 2 kapal keluar lintasan.

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Padangbai I Nyoman Agus Sugiarto mengatakan, ada penambahan kapal lagi 5 sehingga seluruh kapal yang ada menjadi 40 unit. Sugiarto membantah jika penumpang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar dikatakan sepi. “Penumpangnya ramai sehingga tambah kapal untuk memudahkan melayani penumpang,” bantah Agus Sugiarto, Rabu (27/11).  Dikatakan, jelang Natal dan Tahun Baru 2020, penumpang tambah padat terutama yang memuat barang-barang kebutuhan sehari-hari menyeberang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar.

Biasanya di akhir tahun terjadi antrean truk-truk besar hingga di luar pelabuhan. Dengan bertambahnya kapal, pelayanan dipercepat sehingga antrean bisa diminimalkan. Nantinya mengoperasikan dua dermaga yakni Dermaga I dan Dermaga II. Terpisah, Kepala Jaga Kesyahbandaraan Otorita Pelabuhan Kelas IV Padangbai, I Made Wendra membenarkan dari 40 kapal yang ada yang dioperasikan 32 kapal.  “Kapal yang dioperasikan laik layar, lebih lanjut agar ditanyakan ke OPP Padangbai,” pintanya.

Perwira Pengawas Polsek Kawasan Laut Padangbai Kompol I Gede Suparwata mengatakan, walau Natal dan Tahun Baru 2020 masih cukup jauh, penjagaan ketat tetap diberlakukan, secara reguler 24 jam. Sekali shift, selama 12 jam, dijaga 12 petugas dipimpin satu perwira pengawas. “Petugas yang paling banyak berjaga-jaga di Pos II, dari Polsek Kawasan Laut Padangbai sebanyak 7 petugas, sesekali datang petugas Pos Pol Air Polres Karangasem membantu melakukan pengamanan,” kata Kompol I Gede Suparwata.

Di Pos I yang tugasnya memeriksa surat-surat kendaraan bermotor yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Lembar dijaga 2 petugas dan Pos III di depan Dermaga I dan Dermaga II juga dijaga dua orang terpadu dengan petugas lainnya yang tugasnya memeriksa identitas penumpang yang jalan kaki. Jika ketahuan tidak membawa KTP, penumpang dikembalikan. Memudahkan pengawasan, akan diberlakukan pemeriksaan satu pintu. Pintu timur ditutup, petugas hanya melakukan pemeriksaan di pintu barat.* k16

Komentar