nusabali

Aneh, Dua Proyek Faskes Berjarak 1 Km

  • www.nusabali.com-aneh-dua-proyek-faskes-berjarak-1-km

Puskesmas Payangan yang sedang pengerjaan di Desa Puhu, Kecamatan Payangan dengan anggaran Rp 5,1 miliar lebih.

GIANYAR, NusaBali

Dua proyek dari Dinas Kesehatan Gianyar digarap hampir bersamaan di Kecamatan Payangan, Gianyar. Proyek dimaksud pembangunan RS Tipe C di lahan bekas Puskesmas Payangan, Desa Melinggih, dan proyek Puskesmas Payangan di lahan bekas Balai Benih Ikan, Desa Puhu. Warga sekitar menilai sangat aneh karena jarak antara dua fasilitas kesehatan (faskes) ini hanya 1 km.

Kepala Dinas Kesehatan Gianyar dr Ida Ayu Cahyani Widyawati MKes menegaskan dua faskes itu punya peran dan fungsi yang berbeda. “Puskesmas bukan klinik kecil, tetapi berkonsep wilayah kerja, pusat kesehatan yang memberikan upaya kesehatan masyarakat secara menyeluruh yakni preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitative. Semua ini terpadu dalam wilayah kerjanya. Sedangkan rumah sakit terfokus pada pelayanan klinis, “ terangnya, dikonfirmasi Selasa (26/11).

Cahyani mengatakan usai proses pengerjaan pembangunan Puskesmas Payangan yang dijadwalkan 12 Desember 2019, akan langsung diikuti dengan pemindahan sarana prasarana. Usai pemindahan tersebut Puskesmas yang baru dibangun ini dipastikan langsung bisa memberikan pelayanan. "Bisa (beroperasi, Red) setelah pemindahan alat-alat," katanya.

Ditambahkan, persiapan Puskesmas Payangan itu juga akan diikuti dengan pemindahan seluruh tenaga kesehatan. PLT Kepala Puskesmas Payangan saat ini dijabat dr Made Arisani. "Semua sarana prasana termasuk petugas sudah disiapkan, untuk kelancaran pelayanan," katanya.

Untuk diketahui, pembangunan Puskesmas Payangan yang sedang pengerjaan di Desa Puhu, Kecamatan Payangan dengan anggaran Rp 5,1 miliar lebih. Lokasinya di Balai Benih Ikan, dengan jarak sekitar 1 km dari rumah sakit tipe c yang kini juga dalam tahap pengerjaan. Berdasakan papan proyek di bawah Dinas Kesehatan Pemkab Gianyar itu, anggaran pembangunan ini bersumber dari APBD Gianyar, dikerjakan kontraktor FA Eka Sapta dengan batas waktu dari 16 Juli - 12 Desember 2019.

Terpisah, Proyek pembangunan RS tipe C di Kecamatan Payangan juga masih berlangsung. Pada papan proyek dijelaskan pembangunan RS terdiri dari pembangunan rumah sakit, pembangunan gedung instalasi farmasi, laundry, gizi, OK, dan Poliklinik. Nomor kontrak proyek : 026/3729/diskes/2019, beralamat di Jalan Giri Kesuma, Payangan, Gianyar, proyek ini dikerjakan mulai 10 Juni - 6 Desember 2019. Setelah tahap pertama selesai, proyek akan dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas penunjang lain, semisal IGD dan area parkir. Tiga perkantoran di sekitar proyek, yakni UPT Kesmas Payangan, Koramil Payangan dan Kantor Camat Payangan direlokasi ke bekas Balai Benih Ikan Kecamatan Payangan. Pemindahan diperkirakan berlangsung tahun 2020. *nvi

Komentar