nusabali

Wifi Gratis Senilai Rp 40 Juta Dipasang di Pojok Gedung Maria

  • www.nusabali.com-wifi-gratis-senilai-rp-40-juta-dipasang-di-pojok-gedung-maria

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tabanan berencana memasang fasilitas wafi gratis di pojok tenggara gedung I Ketut Maria.

TABANAN, NusaBali

Proyek dengan anggaran Rp 40 juta itu akan segera rampung. Bahkan tahun 2020 rencana akan memasang wifi gratis di tiap kecamatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan I Putu Dian Setiawan, mengatakan pemasangan wifi gratis di Gedung Ketut Maria sedang proses. Saat ini sudah dibangun gedung namun belum dilengkapi piranti yang menunjang wifi gratis tersebut. “Pemasangan masih proses, mirip dengan yang di Lapangan Alit Saputra,” ujarnya, Senin (27/11).

Dikatakannya, kekuatan wifi yang dipasang itu memiliki kapasitas 100 mbps. Satu titik wifi yang dipasang anggaranya mencapai Rp 40 juta. Jumlah itu sudah include dengan power listrik, bangunan, dan perangkat aktif. “Untuk tahun 2019 kami memang memasang satu titik, karena keterbatasan anggaran,” kata Dian Setiawan.

Dian Setiawan menerangkan selain memasang wifi di tempat umum, tahun 2020 berencana memasang wifi gratis di tiap kecamatan. “Ini baru rencana, namum belum ada pembahasan secara detail. Sebab pemasangan wifi bertujuan untuk menstimulus masyarakat menggunakan wifi secara baik dan bijak,” tuturnya.

Disinggung mengenai wifi gratis bantuan dari BKK Badung, diakui pemasangannya sudah mencapai 99,7 persen. Ada sekitar 7 titik dari 393 titik yang belum terpasang. Yang jelas tujuh titik tersebut diusahakan tuntas Senin (25/11) sore kemarin. “Kondisi geografis Tabanan sangat luas, sehingga sangat memengaruhi pemasangan alat. Apalagi daerah yang jauh jangkauannya dari kota,” katanya.

Oleh karena itu, mantan Kabag Humas Pemkab Tabanan ini berpesan ketika masing-masing daerah telah terpasang wifi, masyarakat diharap ikut menjaga dan memelihara. Jangan sampai ketika sudah terpasang wifi malah dirusak. Sedangkan untuk pengawasan, pihaknya akan langsung memasang CCTV. “Kalau ada wifi yang dimanfaatkan untuk bermain game, saya minta seluruh instansi dan media untuk ikut mensosialisasikan gunakan wifi gratis secara cerdas,” tandasnya. *des

Komentar