nusabali

Jelang Pilkada Badung 2020, Disdukcapil Geber Pemutakhiran Data KK

  • www.nusabali.com-jelang-pilkada-badung-2020-disdukcapil-geber-pemutakhiran-data-kk

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung melakukan pemutakhiran data kartu keluarga (KK).

MANGUPURA, NusaBali

Pemutakhiran data KK ini selain untuk tertib administrasi, juga dalam rangka persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Badung 2020.

“Pemuktahiran data KK ini untuk tertib administrasi kependudukan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Badung Putu Suryawati, Senin (25/11).

Menurut Suryawati, dari total 123.289 KK di Kabupaten Badung sampai pertengahan November 2019 sudah ada sebanyak 108.173 KK telah dilakukan pemutakhiran. Sementara sebanyak 15.116 masih dalam proses. Disdukcapil menargetkan Desember 2019 nanti seluruh KK warga Badung sudah dimutakhirkan. “Untuk menyelesaikan pemuktahiran data KK ini, kami menerapkan sistem jemput bola dengan turun ke masing-masing desa/kelurahan,” ungkapnya.

Dalam pemutakhiran data KK ini, KK model lama akan langsung diganti dengan KK baru dengan sejumlah perubahan. Di antaranya harus berisi agregat golongan darah anggota KK, nama orangtua, nomor akte kelahiran, pengisian kolom tahun tamat sekolah, pemutakhiran anggota keluarga baru dan atau yang sudah meninggal. Selain itu, dalam KK terbaru juga dilengkapi dengan kode barcode.

Guna mempercepat proses pemutakhiran data KK ini, Disdukcapil telah melakukan berbagai upaya. Selain dengan cara pelayanan biasa, juga menerapkan sistem jemput bola mendatangi desa/kelurahan. Saat ini sudah ada puluhan desa/kelurahan yang disambangi dengan sistem jemput bola ini.

“Selain di kantor, kami tambah dengan tiap pekan ada sistem layanan jemput bola. Pokoknya dalam jemput bola ini satu desa harus tuntas dan KK langsung jadi di tempat. Kami tidak bawa berkas ke kantor. Jadi, masyarakat tidak perlu lagi repot datang ke puspem,” jelasnya. Menurut dia, dalam satu desa/kelurahan menurunkan sedikitnya 10 petugas dalam sehari.

Suryawati menjelaskan, pemutakhiran KK ini sebenarnya sudah dimulai sejak 2018. Akan tetapi, kembali digencarkan agar tuntas pada Desember ini. Pasalnya, data Disdukcapil ini juga akan dijadikan pedoman oleh KPU Badung dalam menentukan daftar pemilih di Pilkada Badung 2020.

“Target kami Desember 2019 tuntas. Karena data (KK) hasil pemutakhiran ini juga akan dijadikan acuan oleh KPU dalam pemutakhiran data pemilih di Pilkada Badung 2020,” tutur Suryawati. *asa

loading...

Komentar