nusabali

Awas, Jangan Blunder!

Duel Indonesia vs Thailand, Selasa Sore

  • www.nusabali.com-awas-jangan-blunder

Kami akan tampil lepas. Fokus pada permainan dan menjalankan sebaik mungkin strategi dan taktik pelatih.

MANILA, NusaBali

Timnas Indonesia U-23 mengawali langkah di SEA Games 2019 dengan menghadapi Thailand. Pelatih Indra Sjafri pun mewanti-wanti para pemai Garuda Muda dilarang membuat blunder agar meraih hasil maksimal. Duel perdana di Grup B itu digelar di Rizal Memorial Stadium, Selasa (26/11) pukul 16.00 WITA.

Pada laga terakhir lawan Thailand, Indonesia kalah telak 0-4, di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, Maret lalu, pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Tiga pencetak gol Thailand di laga itu, kini ada di skuat SEA Games 2019. Yakni, Shinnaphat Leeaoh, Sipachai Jaided dan Supachok Sarachat.

Karena itu, pelatih Indonesia Indra Sjafri pun mendesak Egy Maulana Vikri dkk agar tampil penuh disiplin. Dia minta para pemain focus dan tidak membuat blunder, seperti saat dikalahkan Thailand 0-4. Dia juga kembali meminta doa para pendukung tim Merah-Putih.

Sedangkan salah satu pemain senior, Evan Dimas Darmono, meminta rekan-rekannya tidak tertekan menjelang pertandingan. Dia para pemain merasa senang,  relaks, berpikir positif dan fokus menghadapi Thauland.

"Kami akan tampil lepas. Fokus pada permainan dan menjalankan sebaik mungkin strategi dan taktik yang diinginkan pelatih. Tentu sebagai pemain, kami akan membuat improvisasi untuk tim," tutur Evan Dimas, di situs PSSI.

Sehari menjelang laga penting, para pemain Indonesia mengasah kemampuan mengeksekusi bola mati (set piece) dalam latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin. Latihan itu  sebagai salah satu cara membungkam Thailand.

"Kami mengasah 'set piece untuk menghadapi Thailand, yakni bagaimana memanfaatkan situasi tendangan penjuru, tendangan bebas, lemparan ke dalam, termasuk kemungkinan tendangan penalti," ujar Indra Sjafri.

Menurut pelatih asal Sumatera Barat itu, dirinya sudah memberikan tugas kepada setiap pemain terkait 'set piece' tersebut. Indra Sjafri juga menegaskan semua nama di skuatnya dalam kondisi siap tempur menghadapi Thailand. Indra ingin skuat Garuda Muda tidak mendapatkan hasil negatif dalam laga perdananya di SEA Games 2019.

"Pertandingan pertama penting bagi kami. Kami ingin memberikan kebanggaan buat bangsa," kata Indra.

Sementara pada laga pembuka, Vietnam mengawali SEA Games 2019 di cabang sepakbola dengan menang 6-0 atas Brunei Darussalam dalam laga Grup B. Sedangkan Malaysia tertahan Myanmar 1-1. Kedua laga  dimainkan di Binan Football Stadium, Senin (25/11).

Sementara Indonesia baru akan berlaga di Grup B pada cabang sepakbola pada Selasa (26/11/2019). Tim Garuda akan berhadapan dengan Thailand di Rizal Memorial Stadium. *

Komentar