nusabali

HGN Sebagai Momentun Introspeksi Diri

  • www.nusabali.com-hgn-sebagai-momentun-introspeksi-diri

Momentum peringatan Hari Guru Nasional (HGN), Senin (25/11), memberikan kesan tersendiri bagi kalamgan guru.

SEMARAPURA, NusaBali

Mereka pun memaknai HGN dengan pelbagai sudut padang dan pengalaman. “Momentun hari guru memiliki peran strategis dalam mewujudkan SDM yang unggul. Peringtan hari guru ini dapat kami pakai untuk introspeksi seluruh insan guru sejauh mana telah berbuat untuk kemajuan pendidikan,” ujar Kepala SMPN 1 Banjarangkan, I Nengah Suradnya, kepada NusaBali, Senin (25/11).  

Kata Suradnya, momentun hari guru nasional ini juga dapat dijadikan dasar untuk melangkah, berbuat yang bermanfaat untuk peningkatan mutu sekolah. Antara lain dengan peningkatan peran guru dalam berinovasi dan pembelajaran. “Guru tidak bisa membuat orang hebat, tapi banyak orang hebat karena sentuhan guru. Untuk itu mari berbuat dan berinovasi walau setitik namun sebagai investai menuju langkah dan hasil yang besar,” ujarnya.

Selain itu, jelas Suradnya, para guru diharapkn jangan sampai ketinggalan tentang kemajuan arus informasi dan teknologi. Walaupun sebenarnya peran guru tidak akan bisa seluruhnya tergantikan oleh teknologi. “Jadilah guru dihati siswa karena guru bukn hanya mengajar. Tapi tugas utama dan tersulit memanusiakan manusia,” ujarnya.

Kepala SMPN 1 Semarapura I Nyoman Karyawan mengatakan, Hari Guru merupakan momentum bagi para guru dalam mendampingi peserta didik. Segenap perilaku dan kemajuan  pikir peserta didik begitu drastis sehingga layanan yang diberikan oleh satuan pendidik menjadi tidak relevan lagi alias punah ditelan zaman. Terpenting, lanjut dia, mempersiapkan peserta didik yang cerdas dan berkarakter siap menghadapi perubahan yang begitu drastis dalam setiap bidang kehidupan. Selin itu, menemukan irisan antara guru sebagai pendatang baru di dunia digital dengan peserta didik yang natif digital atau pelaku teknologi.*wan

Komentar